Kejurda Dayung dan Kalbar Regatta 2013

| Share on Facebook

Lomba DayungLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Ketua Harian Persatuan OlahragaTNI AU Peduli Atlet Berprestasi. Lanjut Baca ... » Dayung Seluruh Indonesia (Podsi)Kalbar, Abdi Nurkomil, mengatakan penyelenggaran event “Lomba Dayung” yang digelar di Taman Alun Kapuas pada tanggal 23 s/d 24 November 2013, mengambil moment Hari Jadi Kota Pontianak dan Kejuaraan Daerah. “Jadi, kita namai acara ini dengan Kalbar Regatta,” ujar Abdi Nurkomil.

Ia menjelaskan, tujuan Kalbar Regatta untuk mencari bibit atlet dayung, khususnya Podsi. “Untuk di pemerintahan, kerjasamanya dalam bidang pariwisata dan untuk Angkatan Laut adalah sebagai mitra sekaligus pembina kita seperti di PB Podsi,” terang Abdi.

“Kalbar Regatta tahun ini ada 2 kegiatan, yaitu : dayung dan selam. Ada 8 kabupaten/Kota yang berpartisipasi,” ungkap Abdi.

Dilanjutkannya,  untuk jadwal kegiatan hari Sabtu (23/11) hanya untuk Kejurda, sedangkan esok hari, Minggu (24/11)  baru Kalbar Regatta yang meliputi Dragon Boad dan Bidar.  “Piala yang diperebutkan ada 4, diantaranya Piala Gubernur, Piala Danlanal, Piala Ketua Podsi dan Piala Walikota,” tandasnya.

Sementara, ketua panitia pelaksana event yang juga Wadanlanal, Letkol Laut (P) I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan diselengarakan kegiatan tersebut juga dalam rangka menyambut Hari Armada ke- 68 pada tanggal 5 Desember 2013 nanti. “Karena berdekatan eventnya, maka kita menjalin kerjasama dengan Podsi, Pemkot Pontianak dan PemProv Kalbar,” jelas I Gusti.

Menurutnya,  event serupa kerap diikuti hingga tingkat internasional. Untuk itulah pihaknya beriktiar untuk terus memajukan dan mengembangkan olahraga serupa untuk waktu yang akan datang.  “Singapore Regatta dan Malaysia Regatta sering kita ikuti. Jadi, kedepannya lomba-lomba yang bisa dilaksanakan di air seperti dayung dan  lomba layar akan dikembangkan,” ujar I Gusti. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. “Masyarakat antusias  dan Pemerintah juga sangat mendukung,” ucapnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga sudah melaksanakan lomba selam di kolam renang Oevang Oeray Pontianak yang diikuti 16 peserta dari perwailan berbagai daerah.

Begitupun dengan Elfira. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak ini mengucapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya event tersebut. “Alhamdulillah, kesuksesan ini sharing bersama Podsi dan Angkatan Laut, mudah-mudahan kedepan bisa ditingkatkan lagi. Dan ini menjadi agenda pariwisata kita,” tandasnya. (novi)

 

 

 

(dibaca 822 X)