Kemenhan Buka Lomba Diskusi dan Menulis Artikel Tingkat SLTA

| Share on Facebook
Kemenhan Buka Lomba Diskusi & Menulis Artikel di  Aula Makodam XII Tanjungpura Pontianak (foto :alam)

Kemenhan Buka Lomba DiskusiSMA Tunas Bangsa Jadi Duta Kodam XII/Tpr Di Jakarta. Lanjut Baca ... » & Menulis Artikel di Aula Makodam XII Tanjungpura Pontianak             (foto : alam)

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA-  Sebanyak 39 tim bersaing memperebutkan juara pada Lomba Diskusi/Uji Argumen dan Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air Tahun 2013 dengan thema “Bangkitkan Prestasi, Cinta Indonesia, Hidupkan Karaktermu” yang dilaksanakan Kementrian Pertahanan (Kemenhan) yang bekerjasama dengan Kodam XII/TprSMA Tunas Bangsa Jadi Duta Kodam XII/Tpr Di Jakarta. Lanjut Baca ... » di Aula Makodam XII/Tpr, Jl. Mayor Muhammad Alianyang Kab. Kubu Raya, Kamis (26/09/2013)

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Ibrahim Saleh dalam amanatnya sebagaimana  yang dibacakan oleh Aster Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf M. Affandi, S.IP, MM,  mengatakan,  “Dalam era reformasi seperti sekarang ini, Bangsa Indonesia yang didalamnya terdapat generasi muda sangat memerlukan suatu terobosan yang mampu menyatukan emosi kebangsaan guna mewujudkan ketahanan nasional yang kokoh dalam segala bidang dengan tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 27 ayat 3 UUD 45,  bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Selain itu, Sikap Bela Negara dan Cinta Tanah Air ini merupakan karakter bangsa Indonesia yang harus melekat pada setiap jiwa warga negara Indonesia. Namun sebaliknya di era reformasi sekarang yang penuh dengan keterbukaan ini  berbagai pengaruh yang masuk dari bangsa asing, membuat nila-nilai karakter kebangsaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia sudah mulai luntur, hal ini ditandai dengan maraknya sikap-sikap anomali sosial, seperti tawuran antar pelajar, pertikaian antar kampung, premanisme dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia yang kesemuanya itu menunjukkan bahwa pembinaan dan perhatian khusus sangat dibutuhkan dalam pembentukan karakter generasi muda sekarang.
Dengan demikian,  Bangsa Indonesia telah menyadari bahwa dirinya memang memiliki potensi untuk selalu memandang berbeda satu sama lainnya. Apalagi perbedaan-perbedaan tersebut tidak dikelola dengan baik, jadi sangat dimungkinkan akan menimbulkan perselisihan yang dapat meningkat kearah pertentangan sehingga berpotensi terjadinya disintegrasi bangsa.
.
Untuk memupuk rasa kebangsaan dan rasa bernegara,  ikhtiarlah yang tak boleh terhenti dan harus dilakukan oleh setiap generasi. Memelihara rasa kebangsaan Indonesia yang demikian, memerlukan kinerja yang mempunyai rasa kebangsaan dan  paham akan perlunya memelihara martabat budaya bangsa serta adanya upaya dari setiap generasi muda untuk tetap mencintai apa yang menjadi kebanggaan dari bangsanya sendiri.
.
Guna menyikapi hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan oleh TNI dalam menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan Bela Negara, khususnya di lingkungan pendidikan adalah melaksanakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air, yang mana merupakan salah satu wadah kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan melalui lomba Diskusi/uji Argumen dan lomba Menulis Artikel dengan melibatkan siswa/siswi SLTA terbaik dan guru pembina. Yang bertujuan, untuk menumbuhkan kemampuan berargumen secara lisan melalui lomba diskusi/Uji argumen serta mampu mengekspresikan pemikiran dan pengetahuannya untuk membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara,”  kata Pangdam dalam amanatnya.
.
Untuk peserta, Pangdam berharap kepada seluruh peserta lomba agar dapat mengekspresikan dan menuangkan segala kemampuan dan pemikirannya secara maksimal dalam perlombaan, sehingga peserta lomba sebagai generasi muda dapat memberikan karya terbaik bagi bangsa Indonesia yang sama-sama dicintai. “Partisipasi aktif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar untuk membantu tercapainya tujuan Pemerintah yaitu membina generasi muda menjadi Bangsa yang berwawasan Kebangsaan dan cinta tanah air mutlak diperlukan. Di samping itu, kegiatan yang positif ini diharapkan Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan dapat menjadikan program tahunan melalui kerjasama TNI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Pangdam.
.
Lomba Diskusi/Uji Argumen dan Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air TA. 2013 juga dihadiri Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Para Asisten serta peserta lomba Diskusi/Uji Argumen.
(alam)

(dibaca 1258 X)