Kemenhan Sosialisasi Komduk Pertahanan Negara

| Share on Facebook
Ilustrasi (fot:dmc.kemhan)

Ilustrasi Keg. Sosialisasi RUU Komdukm(fot:dmc.kemhan)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (KemenhanKemenhan Buka Lomba Diskusi dan Menulis Artikel Tingkat SLTA. Lanjut Baca ... » RI) melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemenhan RI mensosialisasikan Komponen Pendukung Pertahanan Negara untuk wilayah Kodam XII TanjungpuraKodam XII/Tpr Buka Pendaftaran Prajurit TNI AD. Lanjut Baca ... », di Hotel Kapuas Palace, Senin, 3 Maret 2014.

Sosialisasi Komponen Pendukung Pertahanan Negara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Komponen Pendukung (Dirkomduk) Ditjen Pothan Kemenhan RI, Ir Bennyta Surya Septanto, mewakili Dirjen Pothan Dr Timbul Siahaan, dan diikuti oleh unsur TNI-Polri, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, Organisasi Bela Diri, Organisasi Pemuda, Menwa, Pramuka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat itu bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Sampai saat ini, posisi Komponen Pendukung (Komduk) pertahanan negara secara legal formal belum ada aturan resmi yang mengatur, dan dikaitkan dengan potensi dan prediksi ancaman maka sudah seharusnya keberadaan Komduk Pertahanan Negara itu perlu diatur oleh sebuah UU,” ujar Plt Dirjen Pothan Kemenhan RI Timbul Siahaan dalam sambutan tertulisnya yang bacakan Dirkomduk Ditjen Pothan Ir Bennyta Suryo Septanto, MT, saat mensosialisasikan RUU Komduk Pertahanan Negara di Hotel Kapuas Palace.

Menurutnya, seluruh komponen bangsa perlu memahami Komduk Pertahanan Negara, agar seluruh komponen bangsa dapat mempersiapkan diri apabila RUU Komduk Pertahanan Negara ditetapkan menjadi UU. Ia berharap sosialisasi RUU Komponen Pendukung Pertahanan Negara tersebut tidak terhenti, tapi terus disebarluaskan ke tengah masyarakat. “Sehingga kita bisa mendapat respon atau masukan terhadap RUU ini sebelum menjadi UU,” harap Dirjen Pothan.

Dikatakannya, komponen pendukung adalah sumber daya nasional berupa Sumber daya manusia, wilayah, Sumber daya alam, dan sumber daya buatan, nilai-nilai, teknologi, dan dana, serta sarana dan prasarana nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.

“Untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan yang didukung Komduk adalah sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan pertahanan Indonesia yang tangguh, sehingga dapat mempertahankan keselamatan bangsa, Keutuhan NKRI, dan kedaulatan negara dari ancaman dan gangguan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, perlu dikembangkan kekuatan dan kemampuan pertahanan yang disiapkan secara terus menerus, antara lain dengan menyiapkan seluruh komponen bangsa menjadi Komduk melalui penyiapan sumber daya nasional menjadi potensi sumber daya pertahanan yang selanjutnya ditata dan disiapkan menjadi Komduk Pertahanan Negara. “Pertahanan Negara bukan hanya menjadi Tanggung Jawab TNI saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama semua pihak,” ujar Pothan. (novi)

(dibaca 773 X)