Ketua KY Harus Jaga Keseimbangan

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, JAKARTA – Tiga lembaga dari Yayasan Lemabga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Indonesia Corruption Watch (ICW), dan Indonesia Legal Roudtabel (ILR) mengeluarkan pernyataan sikap terhadap pemilihan pimpinan lembaga negara Komisi Yudisial.

Berikut Pernyataan Sikap YLBHI, ICW, dan ILR :

Pernyataan Sikap

KETUA KOMISI YUDISIAL HARUS MENJAGA KESEIMBANGAN KY & MA

Jumat pagi (26/2), Komisi Yudisial (KY) akan melaksanakan pemilihan Ketua KY. Dalam pemilihan Ketua dan Wakil telah terpilih sebagai Ketua adalah Aidul Fitriciadi dan Sukma Violeta sebagai Wakil Ketua Komisioner KY untuk 2,5 tahun kedepan.

Meski telah tepilih namun proses pemilihan juga perlu dikritisi mengingat dalam proses pemilihan yang berlangsung terbuka pada kenyataannya tidak cukup membuka partisipasi publik. Proses pemilihan secara langsung cinderung dilakukan hanya sebagai formalitas karena pemilihan tidak membuka ruang untuk mempertajam gagasan visi dan misi.

Dikhawatirkan pemilihan yang demikian tidak menghasilkan output Ketua yang mampu menjawab sejumlah tantangan KY kedepan. Kami menilai ada beberapa persoalan yang menjadi Pekerjaan Rumah terbesar bagi Ketua KY yang baru terpilih. Misalnya (1) Perluasan fungsi pengawasan yg tdk hny penindakan (2) Membangun konstruksi hubungan yg produktif dgn MA sbg Mitra Kritis, terkait pembagian peran kelembagaan, mekanisme kerja dan koordinasi serta keselarasan pembentukan kebijakan KY & MA, (3) Penguatan jaringan trmsk ke lembaga negara dan masyarakat sipil utk melegitimasi peran KY kpd publik (4) Manajemen SDM dan tata kelola kelembagaan KY.

Kesemua situasi tsb hrs ditujukan pd peningkatan kualitas hakim dan reformasi MA demi mencapai independensi peradilan, yg bersih dan adil, tnp intervensi legislatif dan eksekutif.

Oleh sebab itu, kedepan pemilihan Ketua KY harus pula memberikan ruang partisipasi publik untuk melihat kemampuan atau setidaknya gagasan dari calon ketua KY. Meski begitu, harapan besar sudah bergantung di pundak Ketua KY yang terbaru. Kami berharap Ketua KY terpilih mendatang dapat berperan lebih aktif utk menjaga independensi peradilan dan mlkkn upaya pembersihan praktik mafia peradilan mulai dari tingkat pengadilan hingga Mahkamah Agung.

Hormat kami,
YLBHI, ICW, ILR

(red)

(dibaca 265 X)