Khasiat Jamur Ling Zhi untuk penyembuhan Kanker Stroke

| Share on Facebook

jamurJamur ling zhi (Ganoderma sp) atau jamur reishi di Jepang, sebenarnya sudah dikenal sejak zaman kaisar Shi Huang Ti (259-210 SM). Kaisar pertama china ini menginginkan hidup abadi setelah menyatukan china yang begitu luas dalam kendali kekuasaannya, dan kaisar dari Dinasti Wei ini pernah mengerahkan 3000 orang prajurit dan perwira angkatan lautnya ke Jepang untuk mencari sari tanaman yang diberitakan ampuh sebagai elixir of immortality (jamu awet muda yang membuat orang “tidak mati-mati”).

Sari tanaman yang dimaksud adalah sari jamur reishi. Karena sifatnya yang alot dan pahit, jamur ini biasanya diolah menjadi sejenis cairan untuk diminum. Kini jamur ini bisa kita temui di toko obat herba dalam bentuk jamur kering. Jamur ini berwarna merah hitam seperti daging, sedangkan yang mudah lebih cantik, yaitu merah jingga.

Jamur Ling Zhi adalah jamur berukuran besar yang tumbuh di batang pohon tua atau sisa pepohonan yang lapuk. Tudungnya berbentuk pipih menyerupai ginjal berdiameter hingga 30 cm dengan ketebalan 2-5 cm dan bertangkai pendek.

Khasiat jamur ini dipengaruhi oleh tempat tumbuhnya. Misalnya, jika jamur ling zhi tumbuh di tempat yang tercemar logam berat, maka ling zhi itu juga akan mengandung logam berbahaya. Bila Anda tertarik untuk membeli jamur ini, pilih yang warnanya merah coklat karena kandungan bahan berkhasiatnya paling tinggi.

Untuk mendapatkan khasiatnya, jamur ini dikonsumsi sebagai jamu dengan meminum air rebusannya atau dikonsumsi secara kering setelah dihaluskan. Menurut Prof.Dr.Made Astawan, jamur ling zhi mampu memperbaiki kembali sistem kekebalan tubuh. Tubuh juga tidak mudah lelah, kelihatan segar, serta awet muda.
Khasiat jamur ling zhi tersebut disebabkan asam ganoderat dan asam lusidenat, yaitu senyawa polisakarida, yang berfungsi menghambat pertumbuhan tumor.

Manfaat Jamur Ling Zhi
•Meningkatkan kebugaran tubuh
Para pakar Jepang telah meneliti manfaat jamur ling zhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, jamur ling zhi mengandung germanium organic. Senyawa ini mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat.
Kandungan oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat jamur ling zhi ini melebihi khasiat ginseng 6 kali lipatnya.
• Mencegah dan Melawan Sel-sel Kanker
Racun dalam tubuh adalah lahan empuk bagi sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak. Jamur Ling Zhi berkhasiat membersihkan racun dari dalam tubuh. Jika tubuh telah bersih dari racun, otomatis sel-sel kanker tidak akan mampu berkembang biak atau menyebar, bahkan akan mati.
• Menormalkan Fungsi Tubuh yang Terganggu
Daya adaptogen jamur Ling Zhi mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau menormalkan kembali sel-sel yang tidak normal. Karena itu, jamur ling zhi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya memperbaiki organ-organ dalam tubuh sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Secara singkat, jamur Ling Zhi memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :
• meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
• menormalkan tekanan darah tinggi maupun rendah,
• mencegah stroke,
• antioksidan,
• antinyeri,
• antiradang,
• antivirus,
• antijamur,
• antialergi,
• menurunkan kadar lemak, kolesterol dan gula darah,
• menyembuhkan bronchitis dan hepatitis,
• menekan efek samping kemoterapi/radiasi

Manfaat Jamur Ling Zhi Berdasarkan Warnanya
Setidaknya ada 6 warna jamur Ling Zhi yang diketahui memiliki khasiat, yaitu:

• Ling Zhi merah, berkhasiat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah,
• Ling Zhi ungu, berkhasiat untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan persendian,
• Ling Zhi hijau, berkhasiat mengatasi masalah liver,
• Ling Zhi putih, berkhasiat untuk mengatasi gangguan paru-paru dan kulit,
• Ling Zhi kuning, berkhasiat untuk mengatasi ganggunan limpa,
• Ling Zhi hitam, berkhasiat untu mengatasi gangguan ginjal dan otak.

Untuk memperoleh manfaat jamur Ling Zhi yang bertekstur keras dan kenyal ini, biasanya mereka harus merebusnya terlebih dahulu. Setelah itu, air rebusannya mereka minum meskipun rasanya pahit. Namun kini, jamur Ling Zhi telah diolah dalam bentuk kapsul sehingga mudah ditelan tanpa harus menahan rasa pahit.

Jamur Lingzhi, merupakan salah satu jamur paling tua dikenal manusia sebagai bahan konsumsi. Berbeda dengan jamur-jamur lainnya, penggunaan jamur ini lebih cederung sebagai “fitopharmaka” (obat nabati).

Drs. H. Unus Suriawiria, pakar jamur dan dosen senior bioteknologi ITB dalam keterangannya kepada “MB” mengatakan, hasil penelitian pada lembaga kanker di Jepang dan Amerika Serikat, menunjukkan hal yang positif bahwa lingzhi dapat dijadikan untuk menangkal dan mencegah penyakit kanker, dan juga mampu mengobati penyakit yang sudah menyerang pasien kanker. “Bahkan terhadap virus HIV/AIDS, ekstrak jamur lingzhi ini sudah memperlihatkan manfaatnya yang sangat meyakinkan, serta dapat mencegah dan menghambat kehidupan virus,” ujarnya.

Dr. P. Wahyudi Halim mengatakan, “Secara umum konsumsi rutin lingzhi merangsang produksi interferon dan interleukin I dan II sebagai anti kanker.” Prof. Dr. Agus Sudjarwo, periset fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah membuktikan bahwa lingzhi tokcer mengatasi kanker paru.

Sejak jaman dulu, LingZhi, Reishi atau Ganoderma lucidum sudah dipercaya sebagai peningkat system kekebalan tubuh ,Penggunaannya secara rutin diyakini dapat memperpanjang usia. Orang-orang Jepang dan Cina sudah membuktikannya sejak ribuan tahun lalu. Sekarang ini, dengan bantuan teknologi moderen, unsur-unsur yang menyebabkan LingZhi menjadi berkhasiat ini diteliti terus menerus dan memang terbukti secara klinis bahwa jamur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Prof. Feng-Lin Hsu, Ph.D, Professor dan Direktur pada Graduate Insitute of Pharmacognosy Science, Taipei Medical University, Departemen Ilmu dan Teknologi Farmakognosi, Jepang mengungkapkan, ”hasil penelitian medis tentang LingZhi menyebutkan bahwa jamur ini mampu menghambat sel kanker payudara, mendukung fungsi hati, mengoptimalkan dan mengatur system kekebalan tubuh dan fungsi lain seperti menurunkan gula darah, kadar kolesterol, mencegah batuk dan insomnia. Untuk pertanyaan dan mengetahui lebih lanjut mengenai jamur Ling Zhi kirim email ke akardedi@yahoo.com.

Dari Berbagai Sumber

(dibaca 6206 X)