Klinik Bantuan Hukum Lapas dan Rutan Pontianak Diresmikan

| Share on Facebook

klinik

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Kepala Kantor Wilayah Kementrian HukumViktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat. Lanjut Baca ... » dan HAM Kalimantan Barat MJ Baringbing pada Jumat (14/8) meresmikan Klinik Bantuan Hukum di Lapas Kelas IIA dan Rutan di Jalan Adisucipto Kubu Raya Kalbar. Peresmian Klinik Bantuan Hukum yang menjadi pelopor Lapas se-Indonesia itu ditandai dengan pembukaan tirai papan nama di ruang aula Lapas.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengapresiasi ide pembentukan Klinik Bantuan Hukum yang diprakarsai oleh Kalapas itu. Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga telah membuat sejumlah terobosan baru dan menjadi pelopor pembaharuan Lapas se-Indonesia.

“Negara kita adalah negara hukum. Untuk itu hukum harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan golongan. Tidak boleh ada pembedaan bagi setiap orang yang mencari keadilan,” jelas MJ Baringbing.

Dengan diresmikannya klinik tersebut, ia berharap bagi warga binaan khususnya yang secara ekonomi lemah bisa memanfaatkan keberadaannya untuk melakukan konsultasi hukum atas kasus yang sedang dihadapi.

Usai meresmikan klinik secara simbolik, Kemenkumham RI Kalbar  juga memberikan penghargaan kepada tiga lembaga bantuan hukum yang telah beroperasi di Kalbar. “Kami menyampaikan penghargaan atas kinerja Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang telah menjalankan kewajibannya dalam membantu warga masyarakat yang tersandung masalah hukum di Kalbar. Ketiga lembaga tersebut yakni, Posbakumadin PN Pontianak, BKBH Fakultas Hukum Untan, dan LBH Gema Bersatu Ketapang.      

Selanjutnya, para undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya  Dekan Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti Pontianak Hj. Yenny AS, SH, MH, didampingi para dosen dan mahasiswa, Pengasuh BKBH Fakultas Hukum Untan bersama mahasiswa, Pengurus Pusbakomadin PN Pontianak, dan Jajaran Staff Kemenkumham RI Kalbar. diajak melihat ruangan klinik yang berada diantara blok narapidana pria dan narapidana wanita. (nv)

(dibaca 442 X)