KODAM XII/TPR Kirim 650 Prajurit Ke Perbatasan RI-PNG

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI. Ibrahim Saleh melepas berangkatan Satuan Tugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-PNG, dari Yonif 642 Kapuas ke Papua. Pelepasan pemberangkatan pada minggu pagi (01/09/2013) di halaman Makodam XII/TPR  dihadiri Irdam, Staf Ahli, Danrem 102/Pjg, Danrem 121/Abw, para Komandan Satuan dan para Kabalak Kodam XII/TPRSMA Tunas Bangsa Jadi Duta Kodam XII/Tpr Di Jakarta . Lanjut Baca ... ».

 
Pangdam XII/Tpr juga memberikan ucapan selamat kepada segenap Prajurit Yonif 642/Kps yang telah mendapat kepercayaan  dari pimpinan TNI serta bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan  perbatasan di Papua. ” Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Ibrahim.
Dalam amanatnya, ia mengatakan, penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit TNI merupakan wujud nyata pengabdian kepada bangsa dan negara  serta merupakan tugas kehormatan yang dipercayakan kepada prajurit sebagai patriot dan bhayangkari negara.  Tugas operasi atau pengamanan, lanjut Ibrahim, merupakan tuntutan tugas di atas segala-galanya, demi tetap tegaknya kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang tertuang dalam UU No.34 tahun 2004, bahwa tugas pokok TNI, yaitu : menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
 
Ibrahim menambahkan, prajurit yang sudah pernah bertugas ke daerah operasi, dan kali ini kembali mendapat penugasan serupa, tentu akan memberikan tambahan pengalaman baginya. Sedangkan bagi mereka yang belum pernah bertugas ke daerah operasi, penugasan saat ini akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menunjang kariernya sebagai prajurit. Untuk itu, kepada prajurit yang tergabung dalam satgas yang berkekuatan kurang lebih 650 orang itu, ia berharap untuk  membulatkan tekad dan komitmen terkait dangan tugas-tugas yang akan dihadapi, sehingga secara fisik maupun mental akan terkonsentrasi sepenuhnya bagi pelaksanaan tugas.
Kepada seluruh prajurit yang berangkat tugas, Ibrahim kembali mengingatkan, meskipun Organisasi Papua Merdeka (OPM) kekuatan personel dan persenjataannya relatif kecil, namun mereka selalu melihat saat-saat lengah. Apabila prajurit lengah, pasti itu berpotensi menjadi korban. Jadi, ia berharap kepada Prajurit 642/Kps untuk memiliki kesiapan dan kewaspadaan yang tinggi dalam menjalankan tugas ditempat tugasnya masing-masing.
Dilain sisi, Pangdam juga memberikan semangat bagi anggota Satgas yang sudah  berkeluarga, supaya jangan terlalu banyak memikirkan keluarga yang ditinggalkan saat bertugas. Sebab, menurut dia,  apabila lengah tentu dapat  mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri.  ” Percayakanlah keluarga anda kepada teman-teman kalian yang tinggal di home base dan kepada Komando Atas. Selamat jalan dan selamat bertugas, kami menunggu  keberhasilan tugas saudara,”  pesan Ibrahim Saleh.

(alam)

(dibaca 353 X)