Kodam XII/Tpr Siap Bersama Komponen Masyarat Lainnya Wujudkan Kalbar yang Kondusif

| Share on Facebook

p5

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Andika Perkasa, menghadiri kegiatan  silaturahim bersama Forkompinda, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Tokoh Masyarakat (Tomas), dan Tokoh Adat (Toda), di Hotel Orchad, Jalan Gajah Mada, Pontianak Kalbar, Rabu (23/11/2016).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas, memelihara suasana kondusif serta silaturahim kebangsaan dalam perspektif khebinekaan di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan memberikan sambutan di depan forum, Pangdam mengingatkan bahwa daerah kita mulai dari awal sebetulnya sudah menunjukan kondisi perekonomian yang lebih bagus dibanding daerah lain di Kalimantan, sehingga ini merupakan tanggung jawab bersama untuk membuat investor dari luar Kalbar mau berinvestasi. Karena tidak ada daerah manapun di Indonesia maupun didunia yang bisa maju tanpa hadirnya investor dari dalam maupun luar daerah tersebut, lanjut Pangdam.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan, sejak memulai tugas di Kodam XII/Tpr, bersama dengan Kapolda Kalbar, telah  melakukan patroli bersama untuk memastikan tidak ada satupun anarkhisme muncul didaerah ini, tidak ada yang boleh main hakim sendiri, kalaupun ada masalah perbedaan agar selesaikan secara hukum yang berlaku.

Jadi bukan hanya dalam situasi akhir-akhir ini, tapi kita sudah punya konsep, bahwa daerah ini maju, kalau “persepsi” masyarakat didalam dan daerah luar Kalbar, melihat Kalbar adalah daerah yang sangat aman apalagi menghadapi perkembangan saat ini,

Mengakhiri sambutannya, menyampaikan bahwa “Kodam serius dan tidak pernah main-main” kami siap dilapangan dan kami siap membantu Polri dalam menegakkan hukum, tidak pakai lagi peringatan, karena peringatan sudah banyak diumumkan oleh para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan semuanya sudah memperingatkan.

Kita tegas, Kodam XII/Tpr akan siap dilapangan.

Pangdam XII/Tpr mengimbau, kepada seluruh warga masyarakat Kalimantan Barat mari bersama-sama menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat yang selama ini sudah tercipta pungkas Pangdam dalam sambutannya.

Dalam forum pertemuan tersebut dilaksanakan  pembacaan dan penandatanganan Deklarasi kebangsaan dalam menjaga kebhinekaan dan cinta damai.

Semua komponen masyarakat yang hadir menyatakan sepakat, bahwa dalam rangka menjaga kebhinekaan dan cinta damai guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI yang kokoh di Provinsi Kalbar.

Diantara yang menandatangani maklumat adalah :

  • Ketua Dewan Adat Dayak
  • Ketua Mejelis Adat Budaya Melayu Kalbar
  • Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura Kalbar
  • Ketua Kerukunan Keluarga Sulsel
  • Ketua Paguyuban Bubuhan Banjar
  • Ketua Paguyuban Jawa
  • Ketua Kerukunan Masyarakat Batak
  • Ketua Ikatan Keluarga Besar Sriwijaya
  • Ketua Yayasan Bhakti Suci

Selanjutnya maklumat tersebut juga ditandatangani oleh Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tpr, Kapolda Kalbar serta Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama).

(dibaca 130 X)