Kodam XII/Tpr Siapkan Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Kalbar

| Share on Facebook

photo_2016-12-19_18-51-18
LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Kodam XII/Tanjungpura menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Dalam Rangka Kunjungan Kerja Presiden RI ke Wilayah Provinsi Kalbar, di Halaman Makodam XII/Tpr Jalan Arteri Ali Anyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya, Kalbar, Senin (19/12) sore. Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak didampingi oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Ahmad Supriyadi dan Komandan Lanud Supadio62 Personel Lanud Supadio Naik Pangkat. Lanjut Baca ... » Marsma TNI Minggit Tribowo.

Pangdam XII/Tpr dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak menjelaskan bahwa sesuai dengan UU RI no. 34 Tahun 2004 tentang TNI, disebutkan salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah bertanggungjawab terhadap pengamanan Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

“Di samping itu dalam pelaksanaan pengamanan VVIP ini TNI juga berpedoman kepada Keputusan Panglima TNI No. Kep 602/VIII/2014 tanggal 27 Agustus 2014 yang telah mengatur tentang pelaksanaan kegiatan Pengamanan VVIP secara jelas dan rinci”, tegasnya.

Pengamanan VVIP merupakan suatu kegiatan yang memerlukan persiapan yang sempurna baik personel maupun materiil yang terlibat dalam tugas pengamanan. Persiapan tersebut akan menentukan kelancaran pelaksanaan tugas pengamanan VVIP.  Di samping itu koordinasi antar satuan dan bagian yang terlibat dalam tugas pengamanan harus senantiasa dilakukan, terangnya.

Pangdam berharap koordinasi seluruh bagian khususnya para unsur Komandan Satuan dan pimpinan masing-masing bagian yang tergabung dalam Satgas Pengamanan VVIP terjalin dengan baik sehingga tercipta sinergitas yang baik dalam pelaksanaan tugas, juga koordinasi yang ketat perlu terus dilakukan dengan unsur Paspampres yang bertugas di Ring I sehingga pengamanan VVIP berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Pangdam mengingatkan kepada seluruh personel pengamanan untuk selalu jeli terhadap setiap perkembangan situasi yang ada di lingkungan tugas pengamanan.   Dengan memanfaatkan secara  maksimal seluruh informasi yang didapat. Tidak memandang sepele setiap hal yang perlu mendapatkan perhatian.  Melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap seluruh tempat, orang maupun hal-hal lain yang dapat menimbulkan kerawanan terhadap objek pengamanan.

Apel diikuti Personel TNI dan Polri yang tergabung dalam Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI ke Wilayah Provinsi Kalbar.

(dibaca 46 X)