Kodim 1202/Skw Gelar Kegiatan Pembinaan Karakter Bela Negara

| Share on Facebook

DSC05546

LENSAKAPUAS, SINGKAWANG –   Kodim 1202/Skw Gelar Kegiatan Pembinaan Karakter Bela Negara kepada Mahasiswa Jurusan Keperawataan, Poltekes, Kemenkes Di Wilayahnya, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari yaitu hari sabtu dan minggu tanggal 7 dan 8 November 2015 di Makodim 1202/Skw, Jl. Ali Anyang Singkawang.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1202/Skw Letkol Inf Nico Reza H.Dipura menuturkan bahwa Abdi Negara selalu di depan dan berperan penting, sinergitas, bersatu dan bergotong royong semua komponen Abdi Negara serta masyarakat, menumbuhkan semangat Nasionalisme kepada seluruh masyarakat yang diawali oleh Abdi Negara, meningkatkan sarana dan prasarana serta menjadi tokoh dan tauladan dilingkungan tempat tinggal.

Dalam penutup sambutannya, Dandim 1202/Skw mengharapkan kepada pelajar Kota Singkawang agar menjaga NKRI. “Tak ada gunanya kita makmur dan modern namun kehilangan yang fundamental dan yang terbaik dari Bangsa kita seperti Pancasila, Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, Semangat persatuan dan gotong royong, Toleransi, Kesantunan dan Kemanusiaan. Karena situasi yang kondisif akan menciptakan situasi yang aman dan stabilitas, maka pembangunan dan kesejahteraan akan terwujud”, tegas  Dandim 1202/Skw.

Sementara itu di sesi  yang lain Komandan Koramil 1202-16/ Sedau, Lettu Inf Taufik Wiramansyah mengatakan penyuluhan Bela Negara untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945. “Kalau bukan kita yang menjaga dan mempertahankan Negara ini, siapa lagi,”kata Lettu Inf Taufik wiramansyah.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa dirinya adalah warga negara NKRI yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila dan juga meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajibannya, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Negara dan Bangsa.

Taufik menambahkan, sebagai bangsa yang merdeka harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai peran dan kegiatan, salah satunya adalah dengan peduli pada situasi yang terjadi, dimulai dari lingkungan kita masing masing. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 255 X)