Kodim 1203/Ktp Siapkan Babinsa Untuk Koramil Model

| Share on Facebook

DSC_0225-1

LENSAKAPUAS, KETAPANG –  Koramil Model adalah Koramil  yang memiliki kondisi mendekati ideal dan mewakili sebagian besar karakteristik wilayah Kodim serta dijadikan percontohan bagi jajaran Koramil lainnya, disamping tugas pokoknya sebagai satuan pelaksana Kodim, koramil model juga memiliki tugas untuk menyelenggarakan berbagai pelatihan baik yang bersifat pendahuluan maupun latihan penyegaran, dikatakan Pasiter Kodim 1203/Ktp Lettu Inf Yulianto selaku koordinator kegiatan.

Koramil 1203-12/Matan Hilir Utara sebagai Koramil model Kodim 1203/Ketapang merupakan bagian dari satuan pelaksana komando wilayah (kowil) dan sebagai ujung tombak pelaksana Pembina wilayah selain melaksanakan tugas pokoknya bertugas menyelenggarakan pembekalan pelatihan bagi prajurit yang baru masuk  ke jajaran satuan yang akan bertugas sebagai aparat kowil, terangnya.

Kodim 1203/Ketapang melaksanakan pelatihan Babinsa selama dua hari mulai 7 hingga 8 Juni 2016, bagi prajurit yang akan menjabat Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam rangka pemberdayaan Koramil Model tahun 2016 yang dilaksanakan di Koramil Model, Koramil 1203-12/MHU.

Sebanyak 20 orang prajurit dan 5 orang dari komponen masyarakat yang ikut serta dalam penataran ini yang dibuka oleh Perwira Seksi Teritorial Letnan Satu Inf Yulianto. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar seluruh prajurit yang akan bertugas di Komando Kewilayahan mampu dan memahami serta menjalankan tugas pembinaan wilayahTeritorial, memiliki langkah dan kesamaan serta tindakan dalam menjalankan tugas juga mampu berintegrasi dengan komponen bangsa di wilayah binaannya.

Materi kegiatan yang dibekalkan kepada prajurit calon Babinsa meliputi materi Pengetahuan Binter yaitu Sikap teritorial, Lima Puan Ter, Metode Binter, Ketatalaksanaan Binter, Bakti TNI, Bin Komsos dan Ketahanan Wilayah. Dan materi Praktek meliputi Pembentukan jaring Ter, Pul data Ter, PBB dan TUM dan Sistim pelaporan

Yulianto mengharapkan Babinsa dapat memahami, menjabarkan, melaksanakan dan mensosialisasikan kegiatan Binter di lapangan dalam kodisi apapun, peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat binaannya serta bertindak cepat guna mengantisipasi permasalahanan yang akan timbul. Ini bisa dilaksanakan bila Babinsa mengerti dan memahami tugasnya sebagai prajurit terdepan dalam komando kewilayahan.

Lebih lanjut  Yulianto menegaskan pelatihan ini wajib diikuti bagi prajurit yang akan menjabat sebagai Babinsa dan latihan ini nantinya akan diaplikasikan dan terjun langsung praktek untuk membuat dan menerapkan ilmu Teritorial yang didapat.

Rilis : Pendam XII/Tpr

Editor : Novi

(dibaca 138 X)