Kodim 1207/BS Ukur Kemampuan Fisik Prajurit

| Share on Facebook

photo_2016-04-20_10-07-12

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Dalam rangka mengukur kemampuan fisik guna kesiapan melaksanakan tugas pokok, Kodim 1207/BS menggelar samapta periodik di GOR Sultan Syarif Abdurahman Pontianak, Rabu (20/4/2016).

Sebelum pelaksanaan garjas dimulai terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tekanan  darah atau tensi oleh Tim Kesehatan dari Kesdam XII/Tanjungpura, setelah dinyatakan memenuhi syarat, anggota dapat mengikuti garjas. ‘Kegiatan samapta merupakan program dari Komando atas yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan kebugaran prajurit. Adapun materi yang diujikan antara lain tes kesegaran “A” dengan lari jarak 3.200 meter dan kesegaran “B” meliputi pull up, sit up, push up dan shutell run serta ketangkasan renang militer”, ujar Mayor Caj Bety Soroday selaku koordinator kegiatan pada saat memberikan pengarahan kepada peserta garjas.

Dari hasil keseluruhan tes kesehatan jasmani A+B ini dibagi dua sehingga akan mendapatkan nilai akhir yang digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik, anggota harus mendapat nilai diatas 65 sebagai nilai lulus uji samapta, tambahnya.

Selain itu, Ia menekankan bagi para prajurit dan PNS yang mengikuti samapta agar mengikuti instruksi tester dan mentaati prosedur yang berlaku,  Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan yang dapat merugikan personel, tegasnya.

Sementara Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Ariestanto pada saat yang bersamaan mengharapkan bagi setiap prajurit melaksanakan garjas dengan sungguh-sungguh dan disesuaikan dengan kemampuan dan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan faktor keamanan sehingga dalam pelaksanaan garjas bisa berjalan dengan sukses. Red

(dibaca 176 X)