Kodim Aceh Timur Latih Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Bagi Pemuda

| Share on Facebook

DSC_1986

LENSAKAPUAS, LANGSA –  Komando Distrik Militer (Kodim) 0104 Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » menggelar pelatihan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, Sabtu di Makodim Jl Jend A Yani, Kota Langsa.

Komandan Kodim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Endra Saputra Kesuma ZR mengatakan kegiatan tersebut di ikuti 60 orang peserta yang terdiri dari pengurus KNPI dan OKP di tiga kabupaten/kota.

Disampaikannya, para peserta yang terdiri dari OKP Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, Forum Keluarga Putra-Putri TNI/Polri (FKPPI), DPD KNPI Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang serta para mantan komandan Gerakan Aceh Merdeka (GAMPemerintah Aceh Tepati Janji, Din Minimi Serahkan Diri. Lanjut Baca ... ») yang tergabung dalam Ormas Rakyat Aceh (RAYA).

“Pesertanya dari OKP dan Pengurus KNPI di tiga kab/kota yang merupakan wilayah kerja teritorial Kodim Aceh Timur,” kata Dandim disela pembukaan acara tersebut.

Dandim juga mengatakan, pemuda adalah baris pertahanan bangsa dalam mewujudkan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karnanya, Dandim berharap kegiatan tersebut dapat menciptakan pemuda yang siap dalam menjaga keutuhan NKRI dari beragam rong-rongan dan ancaman dari pihak manapun termasuk adanya bahaya laten.

Letkol Inf Endra Saputra Kesuma ZR juga menerangkan kegiatan dimaksud berlangsung tanggal 5-6 September 2015. Dimana acara pembukaan dan penyampaian materi terkait wawasan kebangsaan dilaksanakan di aula Yudha Makodim 0104 Aceh Timur.

Kemudian sore hari, lanjutnya, para peserta akan mengikuti game outbond guna membentuk kebersamaan yang dilaksanakan di Lapangan golf milik PTPN I Langsa.

Malam harinya, peserta bertolak ke Batalyon 111/Raider di Tualang Cut, Aceh Tamiang guna mengikuti kegiatan lanjutan dan pagi harinya diadakan latihan menembak.

“Pagi hingga siang ada materi terkait wawasan kebangsaan di isi oleh Kepala Kesbangpol Aceh Timur dan Aceh Tamiang. Sorenya outbond dan malamnya menuju Batalyon 111/Raider di Tualang Cut sampai berakhirya acara pada Minggu sore,” papar Dandim. (Alam)

(dibaca 349 X)