Komisi I DPR RI Sambangi Kodam XII/Tpr

| Share on Facebook

photo_2016-03-21_16-50-20

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Panglima Kodam XII/Tanjungpura  Mayjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Agung Risdhianto,  M.D.A menyambut kedatangan Tim dari  Komisi I DPR RI di Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (21/03/2016).

Kedatangan Tim Komisi I DPR RI ke Wilayah Kodam XII/Tpr kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I Dr. Ir. Djoko Udjianto, M.M.  dengan delapan belas orang anggota bertujuan untuk mengumpulkan data tentang Pertahanan baik kekurangan-kekurangan maupun potensi yang ada di Wilayah Kodam XII/Tpr di darat, laut dan udara karena Kalimantan Barat adalah salah satu wilayah yang secara langsung berbatasan dengan Negara Malaysia.

Pangdam dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa Kodam XII/Tpr memiliki wilayah binaan yang meliputi       Provinsi Kalimantan Barat dan Prov. Kalimantan Tengah.  Sampai saat ini secara umum situasi wilayah Kodam XII/Tpr cukup kondusif.                Beberapa waktu lalu telah diselenggarakan Pilkada Serentak di 7 Kabupaten/Kota di wilayah Kalbar dan Pilgub Kalteng. “Pilkada tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar, walaupun pada Pilgub Kalteng dilakukan pemungutan suara ulang, namun kegiatan pemungutan suara ulang tersebut tetap dapat berlangsung dengan tertib, aman dan lancer”, ujarnya.

Lanjut Pangdam, Terkait masalah kawasan perbatasan, pada TA. 2015 telah berhasil dibuka 91,32 km Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP).  “Sesuai rencana pada TA. 2016 pembangunan JIPP tetap akan dilanjutkan.    Sampai saat ini Satgas Pamtas dibawah kendali Kodam XII/Tpr terus melaksanakan langkah-langkah antisipasi guna mencegah timbulnya pelanggaran di wilayah perbatasan”, paparnya.

Selain itu, menindak lanjuti perintah Presiden RI mengenai pencegahan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, Kodam XII/Tpr terus melakukan kordinasi yang ketat bersama aparat terkait lainnya guna mengambil langkah pencegahan. Dalam waktu 3 bulan terakhir hanya ada 7 hotspot yang timbul di wilayah Kodam XII/Tpr dan semuanya dapat diatasi oleh Satkowil bekerja sama pihak terkait lainnya.

“Seluruh Satkowil jajaran Kodam XII/Tpr telah memetakan daerah rawan yang berpotensi timbulnya Karhutla serta aktif melaksanakan kegiatan patroli sampai ke tengah hutan guna mendeteksi secara dini segala kemungkinan yang dapat menyebabkan Karhutla”, tukas Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A..

Pangdam mengharapkan kepada unsur terkait, dapat memberikan bantuan dengan memberikan informasi serta data yang dibutuhkan demi kelancaran tugas Tim guna merumuskan serta menetapkan kebijakan dan strategi pembangunan dalam rangka pembinaan ketahanan Nasional.

Hadir dalam kesempatan tersebut  Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M Hari, Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang Herlyansyah, Para Asisten Kasdam XII/Tpr dan Para Kabalakdam XII/Tpr. Red

(dibaca 184 X)