Korem 102/Pjg Latihkan Penanggulangan Bencana Alam

| Share on Facebook

latgulben3

LENSAKAPUAS, PALANGKARAYA –  Dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Alam khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah pada Senin (18/4/) Pukul 08.00 Wib dilaksanakan upacara pembukaan latihan bersama Penanggulanagan Bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan diprakarsai oleh Korem 102/Pjg bersama Pemerintah daerah dan instansi terkait secara menyeluruh berlangsung di halaman Makorem 102/Pjg Jl. Tjilik Riwut Palangka Raya.

Kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana ini melibatkan TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, Tagana, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup serta elemen masyarakat lainnya, sehingga akan terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam, seperti kebakaran Hutan dan Lahan, serta evakuasi korban banjir maupun penyerahan bantuan kemanusiaan lainnya.

Kegiatan latihan ini dilakukan guna mewujudkan sinergisitas antara Korem 102/Pjg dengan Pemerintah Daerah dalam rangka menangulangi bencana alam yang mungkin terjadi diwilayah Kalimantan Tengah, yang akan berlangsung selama 6 hari mulai  18  hingga 23 April 2016.

Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto mengatakan, bahwa bencana alam dapat timbul dimana saja secara tiba-tiba, hal itu tentunya menuntut TNI bersama Pemda dan elemen  masyarakat yang lain untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam. “Agar siap operasional untuk melakukan penanggulangan bencana tersebut perlu dilaksanakan latihan dalam menghadapi terjadinya bencana yang mungkin akan melanda wilayah teritorial kita”, ujarnya.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam, merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam. Oleh karena itu, Para peserta dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan serta menyiapkan diri dalam menghadapi setiap tugas tanggap segera dalam mengatasi bencana alam yang terjadi di wilayah masing-masing, terangnya.

Usai pembukaan  latihan, Danrem 102/Pjg bersama undangan lainnya melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap semua alat peralatan pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan latihan bersama Penanggulanagan bencana alam kebakaran hutan tahun 2016. Red

(dibaca 178 X)