Korem 121/Abw Terima Kunjungan Wantimpres

| Share on Facebook

Watimpers2

LENSAKAPUAS, SINTANG –  Anggota Wantimpres RI Jenderal TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » (Purn) Subagyo H.S beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Makorem 121/Abw Jl. Pangeran Kuning No. 1 Sintang, Selasa (19/4). Rombongan Wantimpres RI tiba di Bandara Susilo Sintang disambut oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos, M.M, Bupati Sintang dr, H. Jarot Winarno, dan para pejabat di lingkungan Pemda Sintang.

Kunjungan Wantimpres ke Korem 121/Abw ini merupakan bagian upaya pemerintah pusat dalam melihat kondisi wilayah perbatasan yang mencakup bidang infrastruktur maupun pertahanan keamanan. Hasil kunjungan tersebut akan menjadi salah satu bagian dalam langkah pemerintah untuk merumuskan kebijakan dalam membangun kawasan perbatasan khususnya di Kalbar yang berbatasan dengan negara Malaysia.

“Saya Wantimpres bidang pertahanan keamanan. Semua hasil kunjungan ini yang berkaitan dengan Hankam akan dilaporkan langsung ke Bapak Presiden, khususnya yang berkaitan dengan kerawanan di kawasan perbatasan dimana dapat diantisipasi dalam menjaga negara ini,” kata Jenderal (Purn) TNI Subagyo HS.

Menurut Jenderal (Purn) TNI Subagyo HS, pihaknya mengunjungi wilayah perbatasan secara menyeluruh di Indonesia. Bukan sebatas di Sintang saja. Dimana Indonesia mempunyai wilayah berbatasan langsung dengan negara luar mencakup darat, laut, dan udara. Dengan perincian, tiga negara yang berbatasan langsung wilayah daratnya dan sepuluh negara yang berbatasan langsung wilayah lautnya dengan Indonesia. Ia menambahkan kalau keutuhan wilayah negara mesti dijaga dan semua elemen bangsa mempunyai tanggung jawab dalam menjaga NKRI ini, termasuk masyarakat.

Dalam pertemuan dengan rombongan Wantimpres RI di Aula Makorem 121/Abw, Danrem memaparkan tantangan dan beberapa kendala yang dihadapi oleh Korem 121/Abw. Disamping itu Danrem juga memberikan paparan mengenai situasi dan kondisi yang ada di wilayah Kalbar juga memaparkan batas-batas kewilayahan antara RI-Malaysia serta keamanan yang ada di daerah perbatasan yang saat ini para prajurit dari Yonif 144/Jaya Yudha dan Yonif 312/Kala Hitam yang menjadi Satgas pengamanan perbatasan.

Korem 121/Abw dan Pemerintah Kab. Sintang sangat menaruh harapan dengan kedatangan rombongan Wantimpres RI, Pembangunan wilayah perbatasan di Sintang dapat menjadi bahan masukan Wantimpres untuk disampaikan kepada Presiden. Pasalnya, Kab. Sintang merupakan salah satu dari lima Kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yang belum sempurna akses  infrastrukturnya.

Pada malam harinya rombongan Wantimpres RI melaksanakan acara ramah tamah di Pendopo Bupati Sintang yang dihadiri oleh Danrem 121/Abw, Para Kasi Korem, Bupati Sintang dan Forkompinda Kab. Sintang serta para Perwira satuan jajaran Korem 121/Abw.  Red

(dibaca 144 X)