Korupsi Irigasi Jangkang, 5 Tersangka Baru Ditahan

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Lima orang tersangka baru dalam kasus Tipikor Irigasi Jangkang Kompleks ditahan Penyidik Polda KalbarAwak Kapal dan BB 19 Kg Ganja Diamankan Polda Kalbar. Lanjut Baca ... » pada Senin (8//6) malam. “Semuanya sudah ditahan, kita berharap minggu ini sudah harus dilimpahkan. Itu sebagai wujud komitmen kita memerangi tindak pidana korupsiSidang Tipikor Irigasi Jangkang, Saksi Buka Kartu. Lanjut Baca ... »,” ujar Kombes Pol Agus Nugroho Direskrimus didampingi Kasubdit Tipikor AKBP Permadi ketika menggelar konferensi pers di Mapolda Kalbar Selasa (9/6) sore.

Kelima orang tersangka yang ditahan tersebut, yakni Sigit Purnomo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPTK), Mawardi selaku Ketua Panitia Lelang, Ir. Nurcahyo Wiyono selaku Konsultan Pengawas,  Ir. Liewarnata, MM dan Ir. Bambang Widianto selaku Kontraktor Pelaksana.

Ketika disinggung soal kemungkinan muncul tersangka lain, AKBP Permadi yang mendampingi Direskrimsus menjelaskan, sejak awal pihaknya berjanji apabila dalam pengembangan kasus ditemukan adanya keterlibatan  pihak lain dalam kasus yang merugikan keuangan negara hingga Rp1.09 Milyar itu akan ditindaklanjuti. “Kita terkait dengan kasus Tipikor kita tidak setengah-setengah, kalau ada pihak lain yang terlibat berdasarkan bukti yang kuat akan diproses,” ucapnya.

Namun ketika dicecar LensaKapuas, soal tidak terjeratnya pejabat Pengguna Anggaran (PA) yang menandatangani Surat Perintah Membayar (SPM), AKBP Permadi coba menjelaskan bahwa proyek tersebut adalah proyek PPIP yang bersumber dari keuangan APBN, jadi langsung berhubungan dengan Satker, kata dia.

Kemudian Direskrimsus melanjutkan bahwa sebelumnya dalam kasus Irigasi Jangkang tersebut, sebelumnya  telah  ditetapkan seorang tersangka yang sudah dilimpahkan berkasnya ke Kejaksaan, yakni Rivai selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).  (novi)

(dibaca 950 X)