KRI Teluk Bone 511 Angkut Satgas Yonif Raider 641/Beruang

| Share on Facebook

photo_2016-06-08_12-43-05

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Ahmad Supriyadi memberangkatkan Satuan Tugas Yonif Raider 641/Beruang sebagai Satgas Pengamanan perbatasan Republik Indonesia (RI) – Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dari pelabuhan Dwikora Pontianak menggunakan Teluk Bone 511, Rabu (08/06/2016).

Penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit TNI merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa, serta suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seorang prajurit itu sendiri. Keberhasilan dalam mengemban tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL ini, tidak saja akan berdampak positif terhadap upaya menjaga keutuhan wilayah NKRI, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai alat pertahanan negara, dikatakan Pangdam XII/Tpr melalui Kasdam dihadapan Prajurit yang akan berangkat tugas Pengamanan perbatasan.

Tertuang dalam UU No 34 tahun 2004 bahwa tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Situasi Global dan Regional berupa perubahan iklim, maraknya aksi terorisme, keterbukaan informasi, pasar bebas dan persaingan ekonomi yang cenderung dinamis harus disikapi dengan cermat, arif dan bijaksana.      Era keterbukaan informasi Global dan Regional cukup berpengaruh terhadap situasi dalam negeri yang juga semakin dinamis, antara lain maraknya kejahatan asusila, demonstrasi anarkis, peredaran narkoba yang terus meningkat serta penyelundupan barang ilegal perlu  mendapatkan perhatian serius.

“Dirasakan oleh kita sendiri sebagai bangsa Indonesia bahwa dunia terasa tanpa batas  atau border less, maka perlu adanya bagian dari bangsa Indonesia yang tetap menjaga batas keutuhan wilayah NKRI yaitu TNI”, ujar Kasdam.

Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru akan menggantikan Yonarmed 10/Kostrad  di salah satu perbatasan wilayah NKRI yang harus dijaga oleh TNI adalah perbatasan antara RI-RDTL di NTT, tambahnya.

“Prajurit harus senantiasa memegang teguh Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI untuk selalu siap melaksanakan tugas demi keutuhan NKRI”, tekan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi.

Kasdam berharap kepada Satgas Yonif Raider 641/Bru untuk menguasaisosiokultural masyarakat di daerah operasi dengan baik, karena penguasaan sosiokultural yang baik akan memungkinkan komunikasi dengan masyarakat dan memudahkan beradaptasi terhadap lingkungan tugas selanjutnya dapat diterima dengan baik serta mendapat dukungan dari rakyat setempat.

Rilis : Pendam XII/Tpr

Editor : Novi

(dibaca 161 X)