Kurikulum PMU, Dorong Siswa Terus Sekolah

| Share on Facebook
Rombongan Kemendikbud RI saat kunjungi SMK N 4 Pontianak (foto:novi)

Rombongan Kemendikbud RI saat kunjungi SMK N 4 Pontianak (foto:novi)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Sesuai UU Sisdiknas, Tujuan Pendidikan Nasional, berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia terus berupaya mencari cara meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Upaya pengembangan pendidikan dilakukan melalui berbagai macam strategi peningkatan kinerja yang mengacu pada 8 Standar. Salah satu program terkini yang dicetuskan, dengan menggulirkan program  Pendidikan Menengah Universal (PMU).

Kasubbag Kerjasama bagian Hukum dan Kepegawaian Kemedikbud RI, Esti Widyastuti menjelaskan tujuan disosialisasikanya program tersebut, untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional dan  mendorong siswa  agar terus melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK/sederajat. “Selama ini ada kekuatiran bagi masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan sekolah sampai SMA/SMK sederajat karena masalah biaya. Kita banyak program membantu siswa kurang mampu,” ungkap Esti kepada sejumlah wartawan usai sosialisasi kurikulum PMU  di Santika Hotel Pontianak, Rabu, 11 Desember 2013.

Untuk, kata dia, Kemendikbud RI terus mendorong siswa yang lulus SMP untuk bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya. “Kegiatan ini merupakan upaya kita dalam memberikan layanan, perluasan dan pemerataan memperoleh pendidikan menengah yang bermutu. Kita dorong terus para siswa untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga siswa bisa mengenyam pendidikan 12 tahun.” tandasnya.

Usai sosialisasi, rombongan Kemendikbud RI melakukan kunjungan ke SMK Negeri 04 Pontianak.

Siswa SMK N 4 Pontianak Siap Pakai

Kepala Sekolah SMK 4, Mawardi, S.Pd menyambut baik upaya pemerintah dalam mengembangkan dan meningkat mutu pendidikan. “Kita sangat mendukung program tersebut, dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Mawardi saat ditemui disela-sela kunjungan rombongan di sekolahnya.

Di SMK 4 sendiri, jelas Mawardi, karena sekolah kejuruan maka banyak program dan kurikulum yang mengarah pada kompetensi khusus yang menyiapkan para siswa untuk siap pakai kelak apabila sudah lulus. “Ada banyak program kejuruan di sekolah kita,” kata Mawardi.

Menurutnya, pihak sekolah telah menjalin kerjasama dengan banyak pihak. “Kita sudah melakukan MoU dengan puluhan partner. Jadi, jelang akhir, siswa akan siap kita sebarkan untuk praktek lapangan (lapangan) di partner-partner kita. Lamanya 6 bulan,” tukas Mawardi. (novi)

(dibaca 814 X)