Lahan Konservasi PT. CUS Jadi Hutan Pendidikan Kalbar

| Share on Facebook

CUS_English.mp4_000439520LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Perwakilan PT. Cipta usaha Sejati (CUS) Kalbar, Fadjar Bagus Suryanto menegaskan komitmen perusahaan, PT. CUS dalam upaya menjaga kelestarian hutan, ekosistem alam flora dan fauna tidak sebatas ucapan di balik podium dan di atas kertas belaka.  Namun, kata dia, PT. CUS telah membuktikan dengan menyiapkan lahan 10.000 Ha menjadi areal konservasi. Bahkan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak untuk mengelola areal konservasi PT. CUS tersebut untuk dijadikan hutan pendidikan Kalbar.

“Sesuai arahan Dirjen Bina Usaha Kehutan Kemenhut RI tadi mengenai adanya hutan pendidikan, maka kita tawarkan kerjasama dengan UntanAir Mancur Bundaran Digulis Untan, Perhias Wajah Kota Pontianak . Lanjut Baca ... » untuk mengelola hutan konservasi seluas 10 ribu ha yang ada di Kayong Utara,” kata Fadjar saat diwawancarai disela-sela kegiatan Seminar Nasional dan Lokakarya di Lantai III Untan Pontianak, Selasa, 10 Desember 2013.

Mekanisme kerjasama dan teknis pengelolaan, kata Fadjar, sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak melalui penandatangan Mou (Memorandum of Understanding) . “Mengenai jenis tanaman yang akan ditanam di areal konservasi nantinya, adik-adik dari Fakultas Kehutanan Untan yang kita sandingkan untuk sama-sama turun ke lapangan. Kalau yang sudah kita tanam ada macam-macam, seperti tengkawang, gaharu dan pohon-pohon lokal Kalimantan Barat lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk lebih jelasnya, lanjut Fadjar, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajak Tim Mahasiswa/i Fakultas Kehutanan Untan melakukan survey lapangan terlebih dahulu. “Sekiranya apa yang sudah dilakukan di lahan konservasi kita dan jenis tanaman apa yang cocok, jadi mereka yang melakukan penelitian,” tukasnya.

Fadjar kembali menegaskan bahwa hutan konservasi PT. CUS saat ini pun siap untuk dilakukan penelitian oleh Tim Mahasiswa/i Fakultas Kehutatan Untan. “Dan kita siap menjadikan areal konservasi PT. CUS menjadi hutan pendidikan di Kalbar,” tandasnya. (novi)

(dibaca 1301 X)