Latihan Bersama Basarnas Pontianak

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Kantor SAR Pontianak mengadakan latihan bersama dalam penanggulangan musibah pelayaran. Kegiatan yang diadakan di Kantor SAR Pontianak itu, dibuka oleh Kepala Badan SAR Nasional yang dalam hal ini diwakili oleh Brigjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Tatang Zainudin, Direktur Operasi dan Latihan SAR.

Zainudin menuturkan, “Dalam rangka mengemban amanat PP no 36 tahun 2006 tentang pencarian dan pertolongan, Basarnas memikul beban yang semakin luas dan berat. Dengan status baru sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementrian/LPNK, wajib menangani juga kedaruratan pada kebencanaan musibah lainnya,” ujar Zainudin.

Dilanjutkannya, dalam menyikapi tuntutan tersebut Basarnas terus berbenah. “Pembenahan – pembenahan yang dilakukan terutama terhadap empat pilar pokok penunjang operasi SAR, yang meliputi: peningkatan kompetensi dan kemampuan personil, peningkatan sarana dan prasarana, koordinasi yang mantap dan potensi SAR, serta manajemen operasi SAR yang efektif”.

Latihan SAR, kata dia, juga dimaksudkan sebagai media interaksi para pelaksana aktivitas SAR, khususnya dalam rangka mengasah kembali pengetahuan serta melatih keterampilan SAR guna keberhasilan tugas pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana dan musibah. “Yang terpenting adalah marilah kita bersama-sama menunjukan kepada masyarakat bahwa badan SAR Nasional senantiasa bekerjasama dan berkoordinasi secara baik dengan potensi SAR,” harap Zainudin.

Ia pun mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang SAR untuk bersinergi menyatukan pola pikir dan pola tindak, sehingga melalui latihan SAR tersebut diharapkan dapat menghasilkan keselarasan dalam bertindak guna mencapai keberhasilan operasi SAR yang efektif dan efesien. (novi)

Rapat Koordinasi Basarnas Daerah Kalbar di Pontianak (fotonovi)

Ilustrasi (nv)

(dibaca 567 X)