Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2016

| Share on Facebook

lomba-masak-serba-ikan

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Dinas  Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK  (PKK) belum lama ini menggelar lomba masak serba ikan tingkat Provinsi.  Lomba dipusatkan di gedung Tim Penggerak PKK Jalan Letjen Sutoyo Pontianak dan diikuti 11 kabupaten/kota se-Kalbar. 

Kepala Kinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Provinsi Kalimantan Barat Ir. Gatot Rudiyono, SH.MM  melaporkan, pada akhir tahun 2015 tingkat konsumsi ikan di Kalimantan Barat baru mencapai 35,3 kg/kapita/tahun. ”Idealnya harus mencapai 100 gr/kapita/hari atau setara dengan 36,5 kg/kapita/tahun. Sebagai pembanding konsumsi ikan  di negara Jepang telah mencapai 140 kg/kapita/tahun,” tuturnya

Lanjut Gatot, salah satu implementasi  gemar ikan melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan. Lomba  dilaksanakan  oleh DKP bekerjasama dengan Tim PKK Provinsi Kalbar secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional. ”Lomba ini  diikuti oleh pemenang pertama di tingkat kabupaten/kota,” jelasnya

Ditambahkannya, adapun tujuan diselenggarakannya lomba masak serba ikan  adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan. Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan ikan kepada masyarakat luas. Menyebarluaskan informasi tentang ikan olahan masakan berbahan ikan. ”Mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berdaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Kemudian melakukan kampanye pemanfaatan ikan yang aman dan segar,” paparnya.

Sementara itu, ketua Tim PKK Provinsi Kalimantan Barat Frederika Cornelis, S.Pd mengungkapkan, sebenarnya upaya dalam memperoleh ikan sangat mudah sekali. Pemerintah dalam hal ini setiap tahunnya memprogramkan  bagi masyarakat yang tinggal jauh dari  laut dibuatkan kolam terpal.

“Nah disitu mereka bisa piara seperti ikan lele, ikan mas dan ikan nila. Bagi penduduk yang tinggal dekat laut oleh pemerintah dibantu peralatan tangkap ikan. Jadi dengan digelarnya lomba masak serba ikan ini merupakan bentuk sosialisasi  kita dalam mengupayakan gemar makan ikan,”ujarnya.

Kampanye makan ikan ini sudah menunjukan peningkatan.Karena kita sudah mendapatkan hasil survei  yang menunjukan bahwa konsumsi ikan sudah mencapai 36,5 kg/kapita/tahun. ”Tentunya peningkatannya sangat signivikan ,”ungkap Frederika.

Frederika menyampaikan pemenang lomba yaitu juara satu di peroleh Kota Pontianak, juara kedua Kabupaten Mempawah, juara ketiga Kabupaten LandakKarolin MN Potensi Calon Tunggal di Kab.Landak. Lanjut Baca ... ». Untuk juara harapan satu di peroleh Kota Singkawang, harapan kedua Kabupaten Sintang, harapan ketiga Kabupaten Ketapang,”katanya mengakhiri. (Novi)

 

(dibaca 81 X)