Mayjen TNI Andika Perkasa Resmi Jabat Pangdam XII/Tpr

| Share on Facebook

photo_2016-05-30_17-31-39

LENSAKAPUAS, JAKARTA – Kepala Staf TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Kodam XII/Tanjungpura dari Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto, M.D.A. kepada Mayjen TNI Andika Perkasa, SE., M.A., M.Sc., Ph.d., Selasa  (30/05/2016) sore di Aula A.H Nasution Mabesad,  Jakarta.

Serah terima jabatan ditandai dengan penyematan tanda jabatan oleh Kasad dan serah terima tongkat komando dari Mayjen TNI Agung Risdhianto kepada Mayjen TNI Andika Perkasa. dilanjutkan dengan penyerahan Pataka kemudian penandatanganan surat serah terima jabatan.

Dalam amanatnya Kasad mengatakan bahwa Serah terima jabatan hendaknya dipahami sebagai upaya untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Angkatan Darat, berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan melalui Tour of Duty dan Tour of Area, untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier personel.

Kasad mengingatkan, bahwa kebijakan Renstra TNI AD 2015 – 2019 mengacu pada RPJMN 2015 – 2019, dimana program-program dan kebijakan TA. 2016 ini, masih melanjutkan program dan kebijakan TA. 2015 yang diprioritaskan kepada peningkatan kesejahteraan, Modernisasi Alutsista, kesiapan operasional, pendidikan dan latihan dalam rangka mewujudkan profesionalisme dan pengamanan perbatasan serta pulau terluar/terdepan.

“TNI Angkatan Darat juga akan tetap konsisten untuk terus melanjutkan program dan kebijakan pengamanan perbatasan, serta pulau terluar/terdepan, sesuai dengan kebijakan Presiden RI untuk pembangunan, mulai dari sektor perbatasan atau pinggiran, guna mencegah ancaman dari luar dan mencegah pelanggaran batas negara, serta dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI”, terangnya.

Sebagai Kotama Pembinaan dan Operasional Kewilayahan Angkatan Darat, Kodam XII/Tpr bertugas selain menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat, juga menyelenggarakan kegiatan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta melaksanakan pembinaan teritorial guna menyiapkan wilayah pertahanan dan keamanan di wilayah binaan yang meliputi provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

“Wilayah binaan Kodam XII/Tpr dimana    5 (lima) Kabupaten di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yang selama ini sangat rentan terhadap gangguan keamanan, imigran gelap, pelanggaran pergeseran patok batas negara, pelintas batas, illegal logging, penyelundupan bahan pokok dan pencurian Sumber Daya Alam serta kegiatan illegal lainnya”, jelasnya.

Kasad berharap kepada Pangdam XII/Tpr, untuk terus menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah dengan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat serta tetap mengikuti setiap perkembangan situasi keamanan yang berkaitan dengan tugas TNI AD.

“Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai jiwa dan kekuatan utama dari Sistem Pertahanan Semesta dengan terus melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial, serbuan teritorial dan upaya khusus Swasembada Pangan guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tegas Kasad.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakasad, Pangkostrad, Komandan Kodiklat TNI AD, Irjenad, Para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Para Pangkotama dan Kabalakpus, dan Ketua Umum beserta Pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana.

RIlis : Pendam XII/tpr

Editor : Novi

(dibaca 131 X)