MTQ Tingkat Provinsi Siap Digelar

| Share on Facebook
Ekspose Persiaapan MTQ Tingkat Provinsi (foto:lay)

Ekspose Persiaapan MTQ Tingkat Provinsi (foto:lay)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Memasuki H-7 pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXV Tingkat Provinsi Kalbar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang, Panitia pelaksana MTQ menyatakan sudah siap digelar.

Kesiapan Kabupaten Bengkayang sebagai tuan rumah bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kalbar tersebut disampaikan dalam Ekspose Persiapan Pelaksanaan MTQ ke XXV di Balai Petitih, Kantor Gubernur, Selasa, 25 Maret 2013.

Menurut Ketua Umum LPTQ Kalbar Drs. M Zeet Hamdy Assovie, MTM., perhelatan MTQ yang merupakan lomba membaca Al Qu’ran dengan baik dan benar tersebut, seiring perjalanan waktu, menjadi salah satu event yang dipandang sangat Positif, khususnya bagi umat Islam dan masyarakat Umum. “Banyak cabang lomba pada event MTQ yang dapat dikembangkan. Mulai dari hafalan (Hifzil Qur’an), terjemahan (Tafsir) dan Kaligrafi,” kata Drs M Zeet Hamdy Assovie, MTM.

Untuk persiapkan penyelengaraan MTQ Tingkat Provinsi, kata M.Zeet, LPTQ Kalbar telah menetapkan Tim Asistensi LPTQ Kalbar yang bertugas untuk memberikan bimbingan dan asistensi kepada Kabupaten Bengkayang selaku tuan rumah. “Pelaksanaan MTQ XXV Tingkat Provinsi Kalbar akan dilaksanakan mulai Tanggal 27 April Hingga 2 Mei yang disinergikaan dengan Hari Jadi Kabupaten Bengkayang,” ujarnya.

Mengenai kesiapan tempat lomba, acara pembukaan maupun penutupan, penginapan, dan  konsumsi para Kafilah,  menurut M Zeet,  Tim Asistensi LPTQ telah memberikan saran daan masukan kepada Panitia Pelaksana.

M.Zeet yang juga Sekda Kalbar itu  mengungkapkan bahwa untuk  MTQ ke-XXV Tingkat Nasional telah ditetapkan di Kota Batam Provinsi Kepri sebagai Tuan Rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya mengungkapkan, untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Bengkayang, Pemprov Kalbar telah memberikan dukungan bantuan keuangan sebesar Rp4 Miliar. “Rp 2 miliar dianggarkan pada APBD Provinsi Tahun 2013 dan Rp 2 Miliar pada APBD Tahun 2014,” terang Christiandy.

Ia juga berharap, sisa waktu yang ada dapat dimanfaatkan oleh panitia untuk menyelesaikan atau melengkapi seluruh pembangunan sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan MTQ. “Sehingga jelang hari H pelaksanaan, seluruh sarana dan prasarana tersebut dapat digunakan,” harap Christiandy Sanjaya.

Selain itu, untuk menyukseskan acara MTQ agar berjalan baik, aman, tertib dan lancar serta semarak, Wagub meminta seluruh Bupati/Walikota se -Kalbar dan LPTQ dapat mengiformasikan event tersebut sejak dini kepada seluruh masyarakat. “Saya harap, dukungan dari seluruh komponen masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bengkayang terhadap MTQ ke-XXV ini dapat dijadikan sebagai modal utama dalam merajut kebersamaan antar umat beragama,” tandasnya. (novi/lay)

(dibaca 1742 X)

None found.