Pangdam Resmikan Tirta Yudha Tanjungpura

| Share on Facebook

DSC_0524LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Toto R. Soedjiman meresmikan kolam renang “Tirta Yudha Tanjungpura” yang berlokasi di Komplek Asrama Sudirman Kodam XII/Tpr, Selasa (1/12).

“Kolam renang yang kita resmikan ini diberi nama Tirta Yudha Tanjungpura, yang memiliki arti sangat baik. Sedangkan pembangunannya dimulai pada bulan September 2014 tahun lalu. Alhamdulillah pada hari ini penggunanya dapat kita resmikan, ” terang Pangdam XII TanjungpuraKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... », Mayjen TNI Toto R Soedjiman, dalam sambutannya,

Lanjut Pangdam,  Secara terminologi bahasa, kata “Tirtha” berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti kesucian atau bersuci dengan air. Tirtha secara harfiah berarti membersihkan diri dari kotoran maupun kecemaran pikiran. Kemudian untuk kata ”Yudha” memiliki arti perang atau pertempuran yang mengandung makna bahwa untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan perjuangan yang harus ditempuh dengan upaya yang gigih melalui latihan dan persiapan yang keras untuk mencapainya.

Sedangkan Tanjungpura adalah sebuah nama yang melambangkan kejayaan dan persatuan yang memiliki arti historis penting karena melambangkan jiwa serta semangat persatuan, kepatuhan dan kesetiaan sesuai semangat prajurit Kodam XII/Tanjungpura.

Pangdam berharap dengan mengambil nama dari bahasa sangsekerta, kolam renang Tirta Yudha Tanjungpura  mengispirasi seluruh prajurit dan keluarga Kodam XII/Tpr untuk selalu dapat berfikir, bernalar secara jernih serta memiliki jiwa semangat persatuan, kepatuhan dan juga kesetiaan dalam melatih keterampilan dan ketangkasan guna melaksanakan perjuangan sebagai pengawal Bangsa dan Negara.

“Peruntukan kolam renang ini selain untuk melatih ketangkasan bagi prajurit, juga dibuka untuk seluruh masyarakat umum, dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, ” tegas Pangdam

Selain dihadiri oleh para undangan, peresmian juga dihadiri oleh seluruh keluarga besar Kodam XII/Tpr, serta digelar atraksi dari prajurit masing-masing kesatuan, guna uji ketangkasan dalam berenang dengan menggunakan pakaian seragam lengkap disertai dengan membawa senjata. (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 285 X)