Pangdam XII/Tpr Buka Latihan Siaga Bencana Karhutla

| Share on Facebook

Mako1

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –  Kodam XII/Tpr mengelar latihan Ke Siap Siagaan Penangulangan Bencana Kebakaran Hutan Tahun 2016 yang dibuka langsung oleh Pangdam XII/Tpr Agung Risdhianto, M.D.A bertempat di Aula Makodam XII/Tpr Senin 04/03.

Latihan kali ini mengunsung tema “Koops TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Wilayah Kodam XII/Tpr membantu Pemda Provinsi Kalbar melaksanakan Penangulangan Bencana Kebakaran Hutan Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”. Latihan akan berlansung selama enam hari mulai tanggal 04 April s.d 09 April 2016 yang melibatkan Prajurit Kodam XII/Tpr.

Dalam sekenarionya singkatnya latihan Ke Siap Siagaan yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr menceritakan adanya kemarau panjang yang melanda salah wilayah Kabupaten kota Waringin Timur Provinsi Kalteng sehingga mengakibatkan sungai mongering, pepohonan yang menguning serta menurunnya debit air yang sangat drastis, sehingga api mulai merebak.

Selaku Panglima TNI saya perintahkan agar Koops TNI Wilayah Kodam XII/Tpr segera mempersiapakan diri mengantisipasi terjadinya bencana akibat kebakaran hutan yang akan berdampak luas dan dapat menimbulkan korban jiwa manusia, harta benda, habitat alam dan rusaknya fasilitas umum di beberapa wilayah, sehingga Prajurit TNI khususnya wilayah Kodam XII/Tpr segera, mengambil langkah dan tindakan antisipatif guna membantu Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi bencana alam yang akan terjadi diwilayah Prov Kalbar dan Kalteng.

Dalam sambutan pembukaan, Pangdam XII/Tpr menyampaikan, Perlu dipahami bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan Koops TNI wilayah Kodam XII/Tpr dalam melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah (Pemda), serta menguji keterampilan dalam melaksanakan prosedur bantuan TNI kepada Pemerintah Daerah khususnya bidang penanggulangan bencana alam.

Sebagaimana kita ketahui, secara geografis wilayah Kodam XII/Tpr yang meliputi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah berada di pulau Kalimantan yang tidak memiliki gunung berapi sehingga di wilayah Kalimantan ini tidak memiliki potensi kerawanan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami, namun karena kondisi geografisnya berada di dataran rendah dan sebagian besar merupakan lahan gambut sehingga potensi kerawanan yang dimiliki adalah bencana alam seperti bencana banjir, dan bencana kebakaran hutan dan lahan. Hal itu tentunya menuntut kita semua untuk selalu siap setiap saat ikut serta membantu Pemda dalam upaya penanggulangan bencana alam yang terjadi.

Lebih lanjut melalui Latihan Ke Siap-Siagaan ini, diharapkan para peserta latihan mampu bertindak serta dapat melaksanakan prosedur bantuan penanggulangan bencana dengan cepat dan tepat. Latihan ini juga dilakukan untuk mewujudkan interoperability Satuan TNI wilayah Kodam XII/Tpr, baik itu sinergitas antara Koops TNI wilayah Kodam XII/Tpr, sinergitas dengan Pemda dan juga dengan komponen masyarakat lainnya, dalam sistem komando pengendalian penanggulangan bencana yang terpadu.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Dankodiklat TNI Mayjen TNI Dedi K, beserta rombongan tim Penilai, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Achmad Supriyadi, Danlanud Supadio, Danlantamal XII Pontianak, Pa Ahli Pangdam, LO AL, Para Asisten Kasdam, Para Kabalakdam, Dandim 1207/BS, serta para pelaku latihan Ke Siap Siagaan tahun 2016. Red

Autentikasi : Kaurpen Medtak Pendam XII/Tpr Kapten Inf Didin Saripudin

(dibaca 187 X)