Pangdam XII/Tpr Terima Kunjungan Tim Penghubung KY Wilayah Kalbar

| Share on Facebook
photo_2015-11-18_08-21-05LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Toto R. Soedjiman menerima kunjungan Tim Penghubung Komisi Yudisial (KY) Wilayah Kalimantan Barat di Ruang Kerja Pangdam XII/Tpr, Senin (16/11). Tim Penghubung KY yang mengunjungi Kodam XII/Tpr terdiri dari empat orang yaitu Budi Darmawan sebagai Penanggung jawab, Desy Viona sebagai AdvokatViktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat. Lanjut Baca ... », Hendy Erwindi sebagai  Pemantau, dan Deny Kurniawan yang membidangi Anggaran.
Budi Darmawan selaku Ketua Tim mengatakan, bahwa tujuan timnya datang ke Kodam XII/Tpr untuk bersosialisasi kepada Pejabat Kodam XII/Tpr terkait kewenangan Komisi Yudisial Republik Indonesia dalam hal mengawasi Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim.
Lanjutnya Budi Darmawan menuturkan bahwa, pembentukan Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Kalbar yang belum lama ini, didasarkan pada UU No. 18 tahun 2011 tentang perubahan UU No. 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial dalam pasal 3 ayat (2) dimana KY diberi kewenangan untuk membentuk Penghubung di daerah untuk melakukan tugas dan kewenangannya dalam rangka menjaga kehormatan, keluhuran serta perilaku Hakim.
Kunjungan Tim Penghubung KY di Kodam XII/Tpr kali ini untuk memperkenalkan keberadaan Penghubung KY. “Penghubung KY adalah penyambung KY yang telah dibentuk di setiap daerah, keberadaannya guna membantu KY dalam menjalankan tugasnya mengingat yang harus diawasi di seluruh Indonesia begitu banyak, sedang KY memiliki keterbatasan dalam mengawasi keseluruhan,” papar Budi.
Selain Penghubung KY wilayah Kalbar, sudah ada 12 Penghubung KY di wilayah lain yang sudah dibentuk dan bukan hanya Pengadilan Negeri yang menjadi ranah perhatian dari penghubung KY, tetapi Pengadilan Militer pun menjadi perhatian. “Jadi mulai dari Pengadilan Militer, Pengadilan Negeri dan juga Pengadilan Agama, itu menjadi ranah kita semua,” pungkas Budi Darmawan.
Sementara Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R. Soedjiman, menyambut baik atas kedatangan dari Tim Penghubung Komisi Yudisal dan mengucapkan selamat bertugas dan sukses kepada Tim Penghubung KY wilayah Kalbar. “Selamat bertugas dan sukses selalu dalam setiap menjalankan tugas di wilayah Kalbar ini,” ucap Pangdam XII/Tpr.
Hadir saat audiensi Aspers Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Heri Purwanto, Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Mukhlis, Kakumdam XII/Tpr Kolonel Chk Oktobrata Bangkana, S.H., M.AP,  Waas Intel Kasdam XII/Tpr Letkol Inf Irvan B Sirait, dan Waaster Kasdam XII/Tpr Letkol Inf Asrianus Bulo. (Red)
Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 236 X)