PANGDAM XII/TPR TINJAU LAHAN CETAK SAWAH

| Share on Facebook
Agung_R
Mayjen TNI Agung Risdhianto M.D.A.

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA  – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A didampingi Kazidam XII/Tpr Kolonel Czi Yoga serta Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Ariestanto meninjau lokasi potensi cetak sawah dan jaringan irigasi di Desa Sungai Belida Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya, Selasa (08/03) kemarin.

Peninjauan tersebut merupakan upaya mendoromg terwujudnya swasembada pangàn di Provinsi Kalimantan Barat. Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr disambut Kontraktor, Kepala Desa Sungai Belida serta para Babinsa yang turut serta dalam  pembukaan lahan cetak sawah tersebut. Perjalanan dari dermaga Sungai Kakap menuju lokasi làhan cetak sawah menempuh waktu sekitar 10 menit menelusuri sungai menggunakan speed boat.

Program Cetak sawah ini bekerja sama antara TNI dalam hal ini Kodam XII/Tpr dengan  Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pertanian dengan target yang sudah ditentukan paling lambat Juni 2016 pembukaan lahan cetak sawah sudah selesai semua, ujar Pangdam saat meninjau lahan.

Namun, lahan di Kalimantan Barat ini tidak semuanya bisa langsung dikerjakan seperti di Pulau Jawa yang semuanya tinggal dorong, dari segi tempat tentunya banyak faktor yang bisa saja menjadi penghambat, daerah Kalbar rawan banjir saat air pasang, turutama daerah sekitar aliran sungai juga lahannya berupa tanah gambut  tetapi Kodam XII/Tpr beserta para unsur yang terlibat akan tetap berusaha, hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh Komando atas, lanjut Pangdam

Pangdam XII/Tpr berharap, “semoga lahan ini secepatnya dapat dicetak jadi sawah, masyarakat pun dapat mulai menanam padi dan masyarakat bisa sejahtera, semoga dengan begitu untuk mewujudkan program pemerintah melalui ketahanan pangan dari sektor produksi padi bisa berhasil, sehingga masyarakat yang berada di Kalimantan Barat dapat memberikan kontribusi kepada negara untuk mewujudkan negara menjadi Swasembada beras.” (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

 

(dibaca 174 X)