PDKS : Bencana Nasional Jalan Sanggau

| Share on Facebook
Bumbun Alexander, Ketua PDKS Sanggau

Bumbun Alexander, Ketua PDKS Sanggau

LENSAKAPUAS, SANGGAU – Kerusakan jalan yang menghubungkan antar kaupaten dan kota di Kalbar  sudah semakin parah, terutama jalur Kota Sanggau-Pontianak. Kerusakan semakin diperparah  akibat kendaraan truk yang muatannya melebihi kapasitas.

Gubernur dan Bupati serta para Anggota Legislatif  yang punya wewenang kerap kali mendengar keluhan masyarakat pengguna jalan, akan tetapi sampai sekarang kondisi jalan seperti sedia kala yang penuh lobang tak terurus.

Ketua Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS), Bumbun Aleksander mengatakan bahwa kerusakan jalan  sudah setiingkat bencana nasional. “Tahun 2013 adalah masa terburuk bagi masyarakat di Kabupaten Sanggau, mengingat ruas jalan nasional rusak parah pada titik yang paling memprihatinkan,” ungkap Bumbun kepada lensaKapuas, Selasa, 12 November 2013.

Menurutnya, parahnya kerusakan jalan menjadi beban mental dan fisik  warga yang berlalu lalang tiap hari yang menjalankan tugas, pekerjaan dan mencari nafkah hidup. Mirisnya lagi, kata dia, yang membawa keluarga menuju rumah sakit dalam keadaan kritis mereka harus pasrah menunggu 1-3 jam didalam mobil yang terjebak macet akibat kecelakaanKapolda : Pentingnya Tertib Berlalu Lintas. Lanjut Baca ... » lalu lintasKapolda : Pentingnya Tertib Berlalu Lintas. Lanjut Baca ... » (laka).

Kondisi itu, menurut Bumbun, sudah menjadi pemandangan setiap hari di jalan Kab Sanggau, belum lagi dampak ekonomi dan lainnya. “Sering terjadi tabrakan dan truk terbalik,” ucapnya.

Ia pun berharap Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,  khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut, sehingga pengguna jalan merasa nyaman dalam mengendarai kendaraan mereka.

Dilain sisi, swadaya para pejabat Pemkab Sanggau, sebut Bumbun, memang perlu diapresiasi. “Meski sebatas solidaritas dan keprihatinan saja, namun perlu dijadikan dasar pemikiran bagi seluruh stakeholder Pemkab untuk menyatakan sikap kepada Pemerintah Pusat bahwa kerusakan jalan negara ini sudah setingkat bencana nasinal yang berdampak sangat luas bagi kelangsungan hidup masyarakat,” tandasnya. (alam)

(dibaca 891 X)