Pekan Gawai Dayak 2014

| Share on Facebook

pgdbKartius : Bersatu Dalam Keberagaman !

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pelaksanaan Event Pekan Gawai DayakPGD 2013 Sedot Perhatian Warga Kalbar. Lanjut Baca ... » (PGD) 2014 secara resmi dimulai yang ditandai pemukulan kentungan tradisional yang terbuat dari kayu  belian oleh Kartius, S.H. M.Si., yang dalam hal ini mewakili Gubernur Kalbar, pada Selasa (20/5) pagi di pelataran rumah BetangPGD 2013 Sedot Perhatian Warga Kalbar. Lanjut Baca ... », Jalan Sutoyo Pontianak.

Dalam sambutannya, Kartius mengungkapkan, dalam hal perwujudan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan, Pemerintah Provinsi telah menunjukan komitmennya yang   mencerminkan nilai-nilai kebangsaan Bhineka Tunggal Ika, nilai berbudaya dan berbangsa.  “Kita boleh berbeda suku bagsa, boleh berbeda dalam beragama dan keyaninan, boleh berbeda tempat tanah kelahiran, beragam bahasa ibu, beraneka adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu bangsa indonesia dan warga masyarakat Kalimantan Barat,” ujar Kartius.

Menurutnya, Kalimantan Barat adalah miniatur Indonesia.  “Karena seluruh suku bangsa di Kalimantan Barat boleh jadi pejabat, pegawai, pengusaha, orang sukses. Tapi, di Provinsi lain belum tentu, mau jadi kepala kampung saja kita susah,” ungkap Kartius.

Perbedaan, lanjutnya, tidak boleh membuat jarak antara satu dengan yang lainnya. “Tapi harus menjadi kekayaan budaya bangsa. Jadi, simbol-simbol adat budaya jangan dimusnahkan, tapi harus dilestarikan.

Selanjutnya, segala perbedaan yang ada di Kalbar harus bisa menjadi sebuah kekayaan bangsa, khususnya di adat dan budaya. “Bersatu dalam keberagaman untuk mewujudkan pembangunan Kalbar. Karena inilah komitmen saya dalam kebersamaan membangun daerah ,” tandas Kartius. (novi)

(dibaca 1107 X)