Pelestarian Ritual Robo-Robo di Sungai Kakap

| Share on Facebook
napaktilas-f

Ist. (foto:alqadrie.com)

LENSAKAPUAS, KUBU RAYAGERAM Tuntut Penundaan Pleno dan Usut Money Politik Pilkada KKR. Lanjut Baca ... »  Tradisi budaya Robo-robo yang digelar masyarakat Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, pada Rabu (17/12) dihadiri Wakil Bupati KKRMenyongsong Perubahan Birokrasi Pemerintahan di KKR. Lanjut Baca ... », Hermanus DarusMenyongsong Perubahan Birokrasi Pemerintahan di KKR. Lanjut Baca ... » bersama anggota DPR RI dapil Kalbar, Sy Abdullah Alkadrie. Dalam perayaan Robo-robo, terdapat prosesi tepung tawar, yang dipercaya sebagai tolak bala.

Pengamatan wartawan di lokasi, masyarakat dan pengunjung yang datang dari berbagai daerah, memadati halaman Pasar Sungai Kakap. Para pedagang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, mereka menggelar dagangannya selama perayaan Robo-robo berlangsung. “Saya dari Pontianak sengaja datang melihat acara ini, biasanya banyak penjual barang yang murah,” ujar Jekcy salah satu pengunjung.

Anggota DPR RI dapil Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie disela-sela acara berlangsung mengungkapkan bahwa Robo-robo yang sudah menjadi tradisi tersebut harus disebarkan  kepada masyarakat  luas. “Kita akan terus melakukan promosi melalui media sosial, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk hadir,” ungkapnya. Melalui promosi, kata dia, dapat menjadikan daerah Sungai Kakap sebagai tujuan wisata bagi masyarakat Pontianak dan sekitarnya bahkan hingga tingkat nasional.

Dijelaskan Syarif Abdulah Alkadrie,  perayaan Robo-robo merupakan perayaan yang turun temurun yang harus terus dilestarikan karena sudah ratusan tahun berlangsung. “Maka dari itu harus ada  pembangunan infrastruktur dan kemasan serta konsep acara Robo-robo supaya lebih menarik,” tukas Anggota DPR RI.

Begitupun halnya tanggapan Wakil Bupati Kubu RayaRusman Ali : Nomor 5 Angka Keberuntungan. Lanjut Baca ... » Hermanus. Ia menilai banyak hal positif yang bisa didapat dari perayaan Robo-robo. “Selain  melestarikan budaya yang sudah berlangsung ratusan tahun,  juga ada daya tarik bagi para pengunjung. Perayaan ini juga tidak hanya dirasakan di daerah Sungai Kakap, tetapi juga di daerah lainnya di Kalbar,” ucap Hermanus.

Seiring visi dan misi Pemkab KKRRusman Ali : Nomor 5 Angka Keberuntungan. Lanjut Baca ... », kata dia, dirinya bersama Bupati Rusman AliRusman Ali : Nomor 5 Angka Keberuntungan. Lanjut Baca ... » akan mewujudkan Kubu Raya yang lebih maju, lebih harmonis, dan berbudaya serta memiliki daya saing tinggi. “Artinya pembangunan tidak hanya berupa fisik, tetapi juga pembangunan di bidang budaya,” tandas Hermanus Darus (cece)

(dibaca 557 X)