Pemda Aceh Timur Dituding Pilih Kasih Tangani Pengungsi Aceh Timur

| Share on Facebook

bantuan pengungsiLENSAKAPUAS, ACEH TIMURMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » – Ketua LSM KANA Muzakir mengkritisi sikap dan tindakan Pemerintah Daerah Aceh Timur dalam hal penanganan warga pengungsi yang seolah pilih kasih. Ia mencontohkan penanganan pengungsi warga Rohingya di Rantau Selamat baru-baru ini, dalam pengamatannya selama sepekan lebih, bantuan yang disalurkan baik dari Dinas Sosial maupun instansi pemda terkait lainnya terkesan sangat ekstra.

“Bahkan Pemda Aceh Timur  yang turun langsung menangani, memfasilitasi para pengungsinya yang ditempatkan di bekas pabrik kertas Bayeun dengan peralatan dapur, makanan, pengobatan, hingga pengawasan secara nonstop,” kata Muzakir.

Namun, kata dia, perlakuan berbeda justeru ditunjukan Pemda terhadap warga korban penggusuran oleh perkebunan illegal PT Patria Kamoe Gajah Meuntah di wilayah Sungai Raya. “Warga pengungsi  tersebut kebanyakan menempati tenda-tenda maupun masjid dan di jalanan sebagai pengemis untuk mencari sesuap nasi,”  ungkap  Muzakir di Peureulak belum lama ini.

Sikap tersebut menurut dia seolah Pemda Aceh Timur hanya ingin mencari muka kepada dunia telah memperhatikan warga Ronghiya, sementara masyarakatnya sendiri yang mengungsi akibat penggusuran justeru terlantar. “Ini sangat tidak adil, inikan bisa menimbulkan kecemburuan,”  tukasnya lirih.

Untuk itu pihaknya menegaskan, supaya Pemda Aceh Timur tidak menunjukan sikap dan perlakuan yang berbeda terhadap warga pengungsi. “Apalagi bantuan yang digelontorkan dari Dinas Sosial maupun instansi Pemda terkait lainnya itu berasal dari uang rakyat Aceh Timur.  Ini namanya tidak adil, mereka warga Gajah Mentah jelas – jelas tertindas,” tandas Ketua LSM KANA Muzakir. (Alam)

(dibaca 411 X)