Pengukuhan dan Sidang Dewan Sumber Daya Air Provinsi Kalimantan Barat

| Share on Facebook

DSCF1804LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pengukuhan dan Sidang Dewan Sumber Daya  Air Provinsi Kalimantan Barat  dilaksanakan di Hotel Mercure Pontianak, Kalimantan Barat ini, Senin, 25 November 2013.

Gubernur Kalbar dalam amanatnya yang dibacakan Assiten II Setda Prov Kalbar, Lensus Kandri  menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak penyelenggara, karena melalui kegiatan Pengukuhan Dewan Sumber Daya AirEh Ketahuan, Tender Proyek di PU Kota Pontianak "Wajib Setor". Lanjut Baca ... » Provinsi Kalimantan Barat adalah sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mewujudkan Visi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu : “Terwujudnya Masyarakat Kalimantan Barat yang Beriman, Sehat, Cerdas, Aman, Berbudaya dan Sejahtera.”

Berkaitan dengan Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Kalimantan Barat, kata Gubernur, maka kegiatan Dewan Sumber Air Provinsi Kalimantan Barat adalah berkorelasi dengan Misi Pemerintah Provinsi Kaimantan Barat terutama misi ke 9, yaitu : “Melaksanakan peningkatan pembangunan infrastruktur dasar guna memperlancar mobilitas penduduk dan arus barang serta mempercepat pembangunan di wilayah Pedalaman, Perbatasan, Pesisir dan Kepulauan sebagai sumber potensi ekonomi”.

Pada misi kesembilan ini, diharapkan terjadinya peningkatan penyediaan infrastruktur sumber daya air yang optimal dalam mendukung: Kebijakan konservasi sumber daya air, Pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air di Provinsi Kalimantan Barat.

Dijelaskannya, Upaya peningkatan kemanfaatan infrastruktur Sumber Daya Air pada saat ini diperlukan sinkronisasi kegiatan dalam :

  1. Pengembangan jaringan irigasi dan pencetakan sawah,
  2. Perlunya dukungan semua pihak dalam penyelesaian masalah lahan untuk pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air dan kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi dan Rawa,
  3. Kegiatan penyediaan air baku.
  4. Kegiatan Normalisasi saluran / sungai dan perkuatan tebing.
  5. Pelaksanaan Penanganan pencegahan Abrasi Pantai.

Diharapkan dengan terbentuknya Dewan Sumber Daya Air Provinsi Kalimantan Barat dapat pula mendukung strategi Nasional guna mencapai surplus beras 10 juta ton untuk tahun 2015. (novi)

 

(dibaca 603 X)