Harmonis Untuk Kearifan Lokal

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK - ” Seminar dengan tema : ‘Menjalin Keharmonisan  Umat Beragama Dalam Pembangunan Karakter Bangsa Untuk Kearifan Lokal’  bertujuan untuk meningkatkan rasa toleransi, saling menghargai, dan saling menghormati dalam mewujudkan  keharmonisan antar umat beragama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya  di Kalimantan Barat.

Seminar yang digagas oleh Pemuda Kreatif Pembangunan Bangsa dan Forum Peduli Ibu Pertiwi Kaimantan Barat, diikuti oleh berbagai elemen kepemudaan, seperti :  Dewan adat Dayak (DAD) Provinsi, DAD Kota Pontianak, DAD Kecamatan, Pemuda Dayak, Pemuda Katolik, Mahasiswa PMKRI, Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral  Pontianak, dan Unsur Kepemudaan Lainnya.  Kegiatan berlangsung di Lt. 5 Kapuas Dharma 2 Pontianak. Selasa (23/07/2013).

HC. Didi, Ketua Panitia Penyelenggara Seminar mengingatkan,   mengenai pentingnya pemahaman menjalin dan mewujudkan keharmonisan untuk kearifan lokal khususnya di daerah Kalimantan Barat.  “Sebagai warga negara, kita wajib mengetahui, memahami, mengerti dan menghayati arti pentingnya keharmonisan dalam keberagaman untuk kearifan lokal. Hal ini sesuai dengan kaidah dan nilai-nilai yang terkandung Bhineka Tunggal Ika. Untuk itulah kita menggangap pentingnya diselenggarakan kegiatan seminar ini,” ujar Didi.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Sekretaris Panitia, Aleksander. Ia pun menitik beratkan 2 poin penting dari seminar yang pihaknya selenggarakan. “Yang kita tonjolkan dan output yang kita harapkan dari seminar ini, untuk  kearifan lokal dan Peran Pemuda Dayak dalam menciptakan keharmonisan antar umat beragama di Kalimantan Barat. Khususnya di Kalimantan Barat,” kata Alexander.

Mengamini yang dikatakan kedua rekannya, Dosen STP Pontianak juga menandaskan, makna pentingnya keharmonisan. Menurutnya, kalangan Pemuda dan Mahasiwa harus dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan situasi dan kondisi yang harmonis di dalam masyarakat.

(novi)

 

 

(dibaca 230 X)