Peresmian Kenaikan Status Polda Kalbar

| Share on Facebook
ucapan selamat oleh gubernur kalbar

FOTO:  Gubernur KalbarHari Pertama Kapolda Baru Kalbar Ngantor. Lanjut Baca ... » CornelisDianggap Fitnah, Gubernur Kalbar Lapor Balik Jinku Ke Polisi. Lanjut Baca ... » memberikan ucapan selamat kepada Kapolda KalbarPolda Kalbar Kerahkan 1.039 Personil Operasi Kapuas Ketupat 2015. Lanjut Baca ... » Irjen Pol. Musyafak, yang memimpin Polda KalbarTruck Fuso Pengangkut Lelong ditangkap Petugas. Lanjut Baca ... » Type A, usai peresmian Polda Kalbar menjadi Type A oleh Irwasum Mabes Polri Komjen Pol. Dwi Priyatno di Lapangan Januraga Mapolda Kalbar, Senin (22/8)

Cornelis  : Persoalan Internasional juga ada di sini

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kenaikan type Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat dari type B menjadi type A, mempengaruhi posisi struktur kepangkatan di Korps Bhayangkara itu. Kini Polda Kalbar dipimpin oleh seorang Jenderal PolisiUpacara Tradisi Pisah Sambut Kapolda Kalbar. Lanjut Baca ... » Bintang Dua. Perubahan type tersebut tentunya sudah menjadi kebutuhan, karena letak Kalbar yang strategis dan berbatasan dengan negara tetangga Malaysia.

“Kalbar ini letaknya strategis, dengan adanya peningkatan type, maka tugas dan tanggungjawabnya meningkat. Type dengan situasi daerah itu ada kaitannya karena kalbar daerah strategis lalu tingkat pelayanan juga harus cepat, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik. Persolan yang dihadapi bukan hanya keamanan daerah, tapi persoalan internasional juga ada di sini. Dengan typenya naik diharapkan lebih giat,” ujar Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH. usai menghadiri acara peresmian kenaikan status Polda Kalbar dari Type B ke Type A oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol. Dwi Priyatno di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin (22/8).

Irwasum Mabes Polri Komjen Pol. Dwi Priyatno mengatakan, peningkatan status Polda Kalbar dari sebelumnya tipe B ke A , nanti juga akan diikuti oleh polda-polda lainnya. Dengan peningkatan status tersebut, sebelumnya Kapolda Kalbar Brigjen Polisi Musyafak telah naik pangkat menjadi Irjen Pol, seiring dengan kenaikan type Polda Kalbar dari B menjadi A. Kenaikan pangkat62 Personel Lanud Supadio Naik Pangkat. Lanjut Baca ... » tersebut sesuai dengan surat telegram rahasia Kapolri Nomor STR/611/VIII/2016 tanggal 16 Agustus 2016 yang ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Pol Joedi Rooseto. Kemudian, kenaikan pangkat juga diikuti Wakapolda Kalbar Joko Iriyanto dari sebelumnya Kombes Pol menjadi Brigjen Pol.

Jenderal Polisi bintang tiga itu juga menyampaikan sambutan kapolri Jendral Tito Karnavian, dimana Kapolri berharap agar Polda Kalbar yang berbatasan langsung dengan malaysia memperketat pengamanannya terutama dalam peredaran narkobaHoree...e..e...Bride Bebas. Lanjut Baca ... ».

Dikatakannya, bahwa saat ini juga tengah dibahas peningkatan Polda Lampung untuk kedepannya. Pembentukan Polda Kalimantan Utara maupun pembentukan polres – polres baru, sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

“Peningkatan type ini sudah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan telah terpenuhi kriteria dan persyaratan meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, serta kesiapan jumlah personel dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah,” kata dia.

Dalam kesempatan itu juga, Dwi Priyatno mengatakan, ada dua polda yang naik tipe dari B menjadi tipe A, yakni Polda Sulsel dan Polda Kalbar. Ia pun berharap, dengan peningkatan type ini, kinerja aparat yang ada semakin meningkat, situasi kamtibmas juga semakin kondusif guna menunjang pembangunan di daerah.

Terkait dengan peningkatan type tersebut, dikatakan Irwasum, bahwa maka akan ada penambahan polres baru di Kalbar, yakni di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Kubu Raya. Hal tersebut juga telah disampaikan kepada Kemenpan.

“Insya Allah dalam waktu dekat polresnya sudah ada. Untuk personel, selain melalui rekrutmen tentunya nanti dari polda juga akan ada yang digeser. Sementara inikan kan baru 10 ribu lebih, nanti akan ditambah.  Tidak hanya itu saja, untuk menunjang kinerja, pemerintah juga akan menambah fasilitas secara bertahap,” tandas Irwasum Komjen Pol Di Priyatno.

Hadir Forkompinda Provinsi Kalbar, Pangdam XII/Tpr, para perwira utama di jajaran Polda KalbarPolda Kalbar Kerahkan 1.039 Personil Operasi Kapuas Ketupat 2015. Lanjut Baca ... », para bupati dan walikota se-Kalbar, serta tokoh masyarakat di Kalbar.

(dibaca 114 X)