Peringati Hari Aksara Internasional, Diknas Gelar Pameran

| Share on Facebook

pameran haiSyabrudin : Target Pertahun Tangani 50 Ribu Keaksaraan Dasar

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Syabrudin, menuturkan bahwa pameran yang diselenggarakan Diknas Prov kalbar merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional (HAI). “Pameran ini sub kegiatan, sebelumnya sudah ada lomba karya nyata, lomba karya tulis, lomba keaksaraan yaitu lomba calistung bagi warga belajar,” ujar Syabrudin.

Tujuan pameran, kata dia, untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan program-program  Pendidikan Anak Usia Dini non formal dan informal. “Seluruh kegiatan non formal dan informal kita tampilkan disini sebagai upaya mensosialisasikan program kita dalam rangka penyampaian Milenium Development Gold tahun 2015, dan tentu ada kesepakatan-kesepakatan yang nantinya kita akan bahas di rapat koordinasi tahun 2014 tentang bagaimana melakukan strategi percepatan pengurangan buta aksara di Kalimantan barat khususnya,” jelas Syabrudin.

Menurutnya, angka buta aksara di Kalimantan Barat kalau dihitung dari jumlah penduduk yang ada, sudah mencapai angka tuntas. “Secara nasional, persentase tuntas buta aksara itu 5%,” yakin Syabrudin. Kendati demikian, ia menandaskan tetap berupaya untuk mengurangi buta aksara di Kalbar hingga tahun 2015. “Program pusat, 20 s/d 25 ribu. Sebenarnya, kalau kita bisa lakukan koordinsi dengan Dinas Pendidikan kabupaten dan kota, target kita minimal satu tahun itu keaksaraan dasar itu bisa mancapai 50 ribu yang harus kita tangani, kemudian keaksaraan mandiri yang merupakan lanjutan keaksaraan dasar,” optimis Syabrudin.

Keaksaraan mandiri, jelasnya, dengan memberikan keterampilan bagi penyandang buta aksara di kalbar. “Termasuk yang kita pamerkan ini adalah hasil hasil dari proses pembelajaran yang selama ini kita lakukan,”tandasnya. (novi)

(dibaca 824 X)