Peringati Hari Anti Korupsi, LAKI Demo Polda Kalbar

| Share on Facebook

img-20161208-wa0013

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Memperingati Hari Anti Korupsi 8 Desember 2016, Pengurus LSM Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKILaki Kalbar Desak Kejati Usut Kasus Perumahan Khusus Rakyat. Lanjut Baca ... ») Kalimantan Barat yang dihadiri Pengurus Pusat LAKI menggelar aksi damai ke Mapolda Kalimantan Barat.

Dalam orasinya,  LAKI menyampaikan beberapa tuntutan terkait sejumlah kasus korupsiPenegakan Hukum, Kajati Kalbar Warih Gandeng Media Masa. Lanjut Baca ... » yang ditangani Polda KalbarKapal Kargo Express Angkut 19 Kg Ganja Kering. Lanjut Baca ... » untuk segera terselesaikan, sejalan dengan motto yang diusung LSM LAKI Kalbar “LAWAN KORUPSI.”

Ketua DPC LAKI Kab. Mempawah Andi Kamarudin yang hadir dalam aksi tersebut menjelaskan, peserta yang tergabung dalam aksi yang mereka lakukan berasal dari pengurus DPC dan PCA LAKI se Kalbar. “Kita mendatangi Polda Kalbar untuk meminta untuk kejelasan dan kepastian hukum terhadap proses penanganan kasus Tindak Pidana Korupsi yang sampai sekarang belum tuntas. Tidak ada yang kebal hukum di Indonesia,” tegasnya.

Momen tersebut, kata dia, guna mengadukan dan mempertanyakan mengenai kepastian hukum terhadap sejumlah kasus  Topikor, baik yang ditangani ditingkat Polres maupun di Polda Kalbar. “Bahkan ada kasus yang sampai saat ini belum selesai, padahal sudah lama ditangani,” sebutnya tanpa menyebut secara gamblang kasus dimaksud.

Menurut dia, pihaknya sempat mempertanyakan penangan kasus tersebut kepada Kompol Bernawis SH MH Kanit I Tipikor Dirreskrimsus Polda Kalbar, namun dengan  alasan banyaknya kasus yang ditangani sehingga tidak bisa segera tuntas.  “Kita paham bahwa teman-teman polisi bukan menangani kasus ini saja, tapi banyak kasus lainnya juga, tetapi kalau sampai tiga tahun jadi gimana. Kami minta kepastian hukum,” ucap Kamarudin.

Menanggapi tuntutan LAKI, Kompol Barnawis menjelaskan bahwa semua masukan dan tanggapan dari LAKI akan kami terima dan dicatat pihaknya. “Akan kami agendakan dalam pertemuan dengan bapak Kapolda, karena sekarang bapak Kapolda lagi mengikuti acara di Kajati Kalbar dalam acara seminar Hari Anti Korupsi,” ujar Bernawis

Sekretaris LAKI Kalbar, Mashudi menyampaikan hal serupa. Ia menjelaskan tujuan kedatangan pihaknya ke Polda Kalbar untuk untuk mempertanyakan sejumlah kasus korupsi yang masih tertunda penanganannya, khususnya Tipikor.

“Kita dalam rangka penegakan hukum bukan berarti kita mendorong orang masuk penjara ya, tetapi menggali kasus kasus yang belum tuntas kita ingatkan kembali agar segera diselesaikan,” tandas Mashudi. (novi)

(dibaca 272 X)