Peringati Hari Anti Korupsi, Lintas Elemen Adakan Seminar Napak Tilas

| Share on Facebook

img-20161209-wa0012

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kerjasama sejumlah elemen grup pewarta yang berasal dari Berita borneo Kalimantan Electorial Comisioner, Forum Komunikasi  Wartawan, Harapan Rakyat, Sinar Pagi dan Inti Jaya, mengadakan kegiatan Diskusi Publik 2016 Napak Tilas Seminar Nasional Mensinergikan Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia itu dihadiri perwakilan Pemprov Kalbar diwakili oleh Inspektorat Khusus Kalbar, Polda Kalbar yang diwakili Dirreskrimsus Kombes Pol Mashudi, perwakilan Kejati, dan para undangan lainnya.

Ketua panitia Ir. Syarif Muchlis dalam sambutannya mengatakan secara kwantitas tindak pidana korupsi di Indonesia meningkat, walaupun perangkat hukum sudah kuat, tapi tidak menimbulkan efek jera kepada pelakunya,  “Di forum diskusi ini kita coba untuk membahas tentang masalah tersebut supaya pelaku bisnis dan aparat yang menggunakan uang negara tidak merugikan negara,” ujar Syarif Mucklis.

Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Kalbar Iskandar yang mewakili Gubernur Kalbar Cornelis dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, mau mengingatkan bahwa korupsi hanya bisa dilawan bila dilakukan secara bersama-sama. “Harus ada usaha kolektif dan partisipasi dari seluruh rakyat kalbar untuk bersama-sama melawan korupsi mulai dari lingkungan terdekatnya,” ucap Iskandar.

Pembentukan Tim Satgas Saber Pungli di wilayah kalimantan Barat, kata dia, merupakan respon cepat atas perintah Presiden RI melalui Perpres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Lebih lanjut, dikatakan Iskandar bahwa Provinsi Kalbar melalui SK Gubernur Nomor 757/ITPROV/2016, menjadi provinsi ke 7 yang sudah mengukuhkan Tim Saber Pungli, yang melibatkan Pemprov, kepolisian, kejaksaan tinggi, Polisi Militer, TNI, Ombudsman,  Kantor Kementrian Hukum dan Ham serta elemen masyarakat lainnya. (Novi)

(dibaca 201 X)