Perusahaan Sawit Gusur Kebun Rakyat di Sambas

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Warga Sambas, Zulhermi yang ikut dalam aksi peringatan hari buruh internasional yang dimotori Front Pembela Rakyat (FPR) Kalbar ke Mapolda beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa ada beberapa perusahaan di wilayah Kabupaten Sambas yang dalam operasionalnya telah merampas lahan hak milik masyarakat.

“PT. SAM, Agro, beberapa perusahaan di Galing. Aneh, untuk dapat menguasai lahan masyarakat yang sudah tertanam kebun karet, sekarang digusur jadi sawitSawit Kalbar Terkendala Tata Ruang dan Pelabuhan. Lanjut Baca ... ». Daerah Sorak Kec Sambas, lahan pangan, sayuran, karet, kebun rakyat,” ungkapnya kepada LensaKapuas.

Menurut Zurhermi, kasus perampasan dan penggusuran lahan agrarian milik rakyat tersebut sudah dilaporkan pihaknya yang disertai bukti kepada aparat kepolisian setempat. Namun, hingga kini belum ada proses.

“Untuk itulah kami melaporkan hal tersebut kesini,” tuturnya kepada petugas polisi di Mapolda Kalbar.

Menanggapi laporan warga tersebut, AKBP Jumantoro berjanji meneruskan ke pimpinannya (Kapolda). “Laporan kami terima dan akan kita teruskan ke pimpinan. Kalau ada temuan terkait pelanggaran anggota, lapor Propam Polda Kalbar,” ucap Jumantoro. (novi)

(dibaca 1512 X)