Pimpinan DPR Terpilih Aklamasi

| Share on Facebook

 JAKARTA – Sidang paripurna pemilihan lima pimpinan DPR berlangsung secara aklamasi. Mereka yang terpilih sebagai pimpinan DPR adalah Setya Novanto dari Fraksi Golkar untuk posisi Ketua DPR. Fadli Zon dari Fraksi Gerindra untuk posisi Wakil Ketua DPR. Agus Hermanto dari Fraksi Demokrat untuk posisi Wakil Ketua DPR. 

Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN untuk posisi Wakil Ketua DPR. Fahri Hamzah dari Fraksi PKS untuk posisi Wakil Ketua DPR. “Jadi dengan demikian Alhamdulillah. Para ketua dan wakil ketua terpilih sudah disampaikan,” kata pimpinan DPR sementara, Popong Otje Djundjunan saat memimpin jalannya sidang paripurna, di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (2/10) dini hari.

Pemilihan pimpinan DPR berlangsung secara aklamasi lantaran hanya ada satu paket calon pimpinan DPR yang diajukan di sidang paripurna. Dari 10 fraksi yang ada di DPR, hanya tujuh fraksi yang mendukung paket tersebut. Sementara empat fraksi lainnya yakni PDIP, PKB, Hanura, dan Nasdem memilih walkout. Mereka menilai proses sidang paripurna cacat prosedural dan tidak demokratis.

Sampai dengan pukul 03.00 lima pimpinan DPR masih menunggu Ketua Mahkamah Agung untuk dilantik. Sejumlah anggota DPR yang tergabung dalam koalisi Merah Putih tampak memberikan ucapan selama kepada lima pimpinan DPR terpilih.

(Republika.co.id)

(dibaca 492 X)