PNS Elek-Elek Bakal Ngantor di Korpri

| Share on Facebook

E

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Barat, Kartius, S.H. M.Si  mengungkapkan, hampir di semua instansi pemerintahan ada pegawai yang senang bermalas-malasan. “Ini artinya PNS tersebut tidak bisa berterimakasih kepada Tuhan, pemerintah dan masyarakat yang sudah memberi kesempatan kepada dia menjadi pegawai negeri. Walaupun dia melalui test, PNS itu adalah kepercayaan dari masyarakat,” kata kepala BKD Kalbar usai kegiatan Inventarisasi dan Pemetaan PNS Potensial Lingkup Prov Kalbar di salah satu hotel di Pontianak, Jumat, 10 Oktober 2014.

Dia mencontohkan, negara Singapura yang secara geografis kecil, bisa maju. “Di sana tidak ada bauksit, tidak ada karet, kopi, rebung, dan lain-lain, tetapi negaranya maju karena birokrasinya hebat. Nah, inilah yang mau kita ciptakan, supaya birokrasi kita hebat dan disiplin. Kalau masih ada PNS yang elek-elek itu tadi, kita tempatkan dia di Korpri untuk mengikuti pembinaan,” tegas Kartius.

Untuk itu, ia meminta kepada PNS untuk berpacu dengan disiplin, kemampuan, dan produktifitas sebagai salah satu bentuk terimakasih kita kepada Tuhan, pemerintah dan masyarakat. “Bekerja yang baik, disiplin, dan respontif,” pintanya.

Bentuk pembinaan, kata kepala BKD, ada berbagai macam cara dan tergantung pada eselon PNS, termasuk tindakan yang memberikan efek jera.  “PNS yang elek-elek itu tadi, bisa melalui pembinaan atau pemotongan dana Kesejahteraan Pegawai (Kespeg). Kalau memang terlalu berlebihan, kita langsung jatuhkan sanksi disiplin sesuai jenis pelanggaran yang dilakukan. Mulai peringatan sampai pemberhentian,” tandas Kartius.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil penilaian OmbudsmanOmbudman Dorong Pemkab Sintang Lakukan Mediasi. Lanjut Baca ... » RI Perwakilan Kalbar terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalbar, ada 8 SKPD masuk kategori hijau, 8 kuning, ada 3 merah.  (novi)

(dibaca 527 X)