Polda Kalbar Musnahkan 1.726 Ekstasi dan 250 Gram Shabu

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Barang buktiInteldim 1202/Skw Sita 36 Karung Bahan Peledak di Wilayah Perbatasan. Lanjut Baca ... » (BB) sebanyak 1.726 butir ekstasi dan 250 gram shabu dimusnahkan di halaman Markas Direktorat Narkoba Polda Kalimantan BaratSertijab Lima Pejabat Utama Polda Kalbar. Lanjut Baca ... », Rabu, 11 november 2013. Pemusnahan BB dilakukan oleh Kapolda Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto dengan cara diblender dan dicampur  air dan racun, kemudian dibuang ke dalam parit yang berada tak jauh dari Markas yang disaksikan lansung pihak Kejati dan Pengadilan Negeri.

Dalam keterangannya, Kapolda menuturkan, BB yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan kasus sindikat jaringan Internasional.

Kronologisnya, kata Tugas, “Sekitar awal juli 2013, diperoleh informasi dari masyarakat tentang peredaran gelap narkoba yang masuk ke Indonesia melalui pintu perbatasan. Informasi tersebut ditindak lanjuti oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda KalbarTruck Fuso Pengangkut Lelong ditangkap Petugas. Lanjut Baca ... » dengan melakukan penyelidikan terhadap orang maupun barang narkoba serta tempat keberadaan para pelaku termasuk tempat lain yang digunakan untuk serah terima. Dari hasil penyelidikan,  dilakukan siasat untuk cara bertindak. Sekitar Pukul 13.00 wib hari Sabtu (17/08) petugas yang menyamar sebagai pembeli berhasil mengelabui  2 pelaku, CYK alias A (WNA) dan AH (WNI)  di hotel Dangau, kamar 2018, yang beralamat di Jl. A. Yani II Kubu Raya. Ketika itu, diperoleh barang narkoba jenis shabu seberat 50  gram.”

Merasa transaksi awal lancar dan bukan sebuah jebakan, lanjut Tugas,  AH pun bersedia menyediakan pesanan selanjutnya.  Dua hari kemudian, Senin (19/08) sekitar Pukul 00.30 wib, ditempat yang sama,  CYK dan AH ditambah satu lagi rekan baru keduanya, LTH (WNA) bermaksud  akan menyerahkan pesanan  petugas yang menyamar. Saat itu, yang diantar sebanyak 1.726 butir  ekstasi dan 250 gram shabu, dari pesanan yang minta petugas 2.000 butir ekstasi dan 1/2 kg shabu.

“Pada saat barang diserahkan CYK  kepada petugas yang menyamar, aparat dari satuan Dit Narkorba Kalbar yang sudah disiagakan langsung meringkus ketiganya,”Ujar Kapolda dalam releasenya yang dibacakan oleh Kompol RH. Gultom, Kanit I Subdit III Direktorat Narkoba Polda Kalbar.

(novi)

(dibaca 759 X)