Polda Kalbar Musnahkan BB Hasil Tangkapan Operasi Pekat

| Share on Facebook

Lensakapuas, Pontianak

Kepolisian Daerah (Polda) KalbarHari Pertama Kapolda Baru Kalbar Ngantor. Lanjut Baca ... »  musnahkan belasan ton minuman keras dan berbagai jenis narkobaHoree...e..e...Bride Bebas. Lanjut Baca ... » hasil tangkapan tim Direktorat Reserse Narkoba Polda KalbarKapal Kargo Express Angkut 19 Kg Ganja Kering. Lanjut Baca ... ». Pemusnahan barang bukti hasil operasi pekat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda KalbarPolda Kalbar Kerahkan 1.039 Personil Operasi Kapuas Ketupat 2015. Lanjut Baca ... », Brigjend Pol Tugas Dwi Apriyanto di halaman Mapolda Kalbar. Senin (08/07/2013).

Dalam keterangannya, Kapolda Kalbar menuturkan, pemusnahan barang bukti (BB) tersebut merupakan hasil tangkapan selama operasi penyakit masyarakat (Pekat) sejak 24 mei hingga 8 Juli 2013. Yang meliputi ; narkoba jenis sabu seberat 2,65 kilogram, ekstasi 14 butir, ganja 11,81 gram, VCD bajakan sebayak 59.708 keping, merupakan hasil tangkapan Direktorat Reserse Kriminal Umum 5.500 keping, Polresta PontianakPolresta dan BNN Kota Pontianak Razia Diskotik. Lanjut Baca ... »  6.638 keping, Polres SingkawangWuih, Pengedar Narkoba Koq Bisa Bebas. Lanjut Baca ... » 20.900 keping, Polres Sambas 10.200 keping, dan Polres Ketapang sebanyak 16.470 keping. Sementara, untuk BB miras sebanyak 1.763 botol plastik, 115 jeriken arak putih, 554 arak yang dibungkus dalam kantong plastik, tiga ember arak putih, arak jenis tajok satu drum dan 261 yang dikemas dalam botol plastik.

Kepada Lensakapuas.com, Tugas menguraikan, pemusnahan barang bukti jenis sabu, dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air kemudian dicampur dengan racun rumput setelah itu ditanam dalam tanah. Sementara ganja dan narkoba lainnya, serta VCD bajakan dengan cara dibakar. Sedangkan untuk miras digiling dengan alat berat.

Ia mengatakan, dimusnahkannya BB tersebut sebagai langkah awal dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang bulan Ramadhan, agar umat muslim bisa dengan tenang dan lancar dalam menjalankan ibadahnya. “Mudah-mudahan dengan digelarnya operasi pekat sebelum bulan Ramadhan, maka umat muslim bisa dengan tenang menjalankan ibadahnya sepanjang bulan Ramadhan,” kata Tugas.

Menurutnya, apabila ditotalkan, nilai BB yang dimusnahkan pihaknya mancapai angka Rp 4 miliar. “Dengan dimusnahkannya BB tersebut mudah-mudahan bisa membuat jera pelaku kejahatan. Dan ini baru awal dari kami dalam melakukan operasi-operasi rutin dalam menekan tindak kejahatan,” tandasnya.

Ia pun menghimbau sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama dalam memerangi narkoba dan miras sehingga barang yang diharamkan tersebut tidak merusak generasi penerus bangsa.

(cece)

(dibaca 815 X)