Polisi Tangkap 3 Supir dan Penghubung BBM Bersubsidi

| Share on Facebook
bbm
LENSAKAPUAS, PONTANAK – Rencana pemerintah untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi kerap dimanfaatkan oleh oknum pengusaha yang ingin merogoh keuntungan lebih dengan cara mengalihkan  penjualan BBM kepada pihak yang tidak berhak. Sebagaimana yag berhasil diungkap Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirskrimsus) Polda KalbarKapal Kargo Express Angkut 19 Kg Ganja Kering. Lanjut Baca ... », pada Jum’at (7/11) dini hari kemarin. Polisi berhasil menggagalkan rencana aksi penjualan BBM jenis solar sebanyak 16 ribu liter kepada salah satu pengusaha, yang seharusnya didrop ke salah satu SPBU di Kota Singkawang.
Wadireskrimsus AKBP Supriadi kepada sejumlah media menuturkan kronologis penangkapan. “Berawal dari pengintaian yang dilakukan anggota jajaran Direskrimum Polda, dengan membuntuti  3 mobil tangki BBM jenis solar selama beberapa hari, akhirnya anggota berhasil memergok aksi 4 orang  supir mobil tangki itu sedang memindahkan solar dari mobil tangki pertamina ke 2 mobil tangki biru industri. Kemudian, ketiga tangki itu bergerak menuju ke arah Singkawang dan dihentikan oleh anggota di Jalan Raya Jungkat Kabupaten Mempawah,” tutur AKBP Supriadi. Sebelumnya, kata dia, ada informasi dari masyarakat.
Keempat orang yang ditahan itu, jelas Wadireskrimsus, penghubung berinisil GT, And dan WH sebagai supir mobil tangki bewarna biru dan Sd supir tangki pertamina. “Terhadap keempatnya dikenakan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001, tentang Minyak dan Gas Bumi, dengan ancaman pidana penjara 6 tahun,” ujar AKBP Supriadi.
Selanjutnya, Supriadi menambahkan, dalam penyelidikan dan pengembangan ditemukan bukti kuat maka juga dapat dikenakan pasal dalam undang-undang tentang pencucian uang. “Sd, supir mobil pertamina mengatakan bahwa dirinya hanya mengikuti perintah GT.”
Dalam keteranganya, GT mengakui bahwa BBM tersebut adalah miliknya. “Seharusnya diantar ke salah satu SPBU di Singkawang, tapi karena ada yang memesan dari perusahaan, maka dijual ke pemesan itu,” ucapnya. (cece)

(dibaca 770 X)