Posko Peduli Banjir “Pulihkan Kalbar”

| Share on Facebook
Banjir di Kab Landak  (foto FB Agustina)

Banjir di Kab Landak (foto FB Agustina)

By: Hendrikus Adam BR

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Bencana ekologis berupa banjir yang melanda sejumlah wilayah Kalimantan Barat khususnya di kabupaten LandakKarolin MN Potensi Calon Tunggal di Kab.Landak. Lanjut Baca ... » dan sekitarnya adalah kenyataan yang kini ada di depan mata. Meski banjir selama ini sesungguhnya sudah menjadi hal yang lumrah, namun kenyataan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir penting menjadi refleksi. Sebuah bencana yang tidak lazim, luar biasa.

Disamping kerugian material, sebagaimana informasi yang berkembang banjir yang terjadi juga telah merenggut nyawa. Sebuah tragedi kemanusiaan dan lingkungan hidup yang sudah pasti tidak pernah kita inginkan bersama. Kejadian tersebut patut menjadi refleksi serius para pihak. Tidak hanya memberi solusi untuk kepentingan tanggap darurat semata, namun menjadi penting pula memberi perhatian serius untuk kepentingan jangka panjang terkait akar bencana ekologis yang terjadi. Situasi bencana ekologis yang selama ini kerap melanda menandakan bahwa alam kita sedang “sakit” sehingga daya dan upaya untuk pemulihan kondisi tersebut menjadi mutlak juga mendesak.
.
Banjir yang tengah melanda menyapa kita untuk mau membagi dari apa yang dimiliki dan menaruh perhatian untuk peduli pada korban. Mereka kini sedang berjuang untuk segera keluar dari situasi sulit yang dialami. Merespon kejadian ini, WALHI Kalimantan Barat bersama sejumlah elemen organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam “Posko Pulihkan Kalimantan Barat” mengundang Anda (Individu, organisasi, lembaga/institusi, dll) untuk berbagi dan peduli, mendonasikan sumbangan (baik dalam bentuk barang dan uang).
.
Kami juga menerima (laporan) berupa sumber data maupun informasi berkenaan dengan bencana ekologis yang terjadi dari siapa saja. Juga mengajak segenap elemen masyarakat yang peduli untuk menjadi bagian dari aliansi; sekretariat bersama untuk kemanusiaan dan bencana ekologis ini.
.
Kami Mengundang Anda. Silahkan salurkan donasi, sampaikan informasi juga keterlibatan Anda melalui alamat berikut;
.
POSKO PULIHKAN KALIMANTAN BARAT
SEKRETARIAT bersama untuk Kemanusiaan dan Bencana Ekologis; Alamat; (WALHI Kalimantan Barat), Jalan M. Husni Thamrin, Komplek Universitas Tanjungpura Blok P No. 25 Kelurahan Bansir Laut RT 01 / RW 05, Pontianak Tenggara 78124 Kalimantan Barat, Telp (0561) 738627
Email; borneodamai@yahoo.com
Kontak Person; Hendrikus Adam /Koordinator Posko Pulihkan Kalbar (085245251907),
Nikodemus (081256865454),
Endang Sri Lestari (082148488840),
Nur Arifiani (085750284126),
Andreas S. Illu (085393532775).
.
Sumbangan berbentuk dana dapat disalurkan melalui Rekening; (1) Bank Muamalat, No Rek. 900 621 9089 atas nama ANDREAS S. ILLU atau (2) Bank BRI Cab. Untan Pontianak, No Rek. 1277-01-003525-53-6 atas nama FLORENTINA ENDANG SRI LESTARI.
.
Khusus wilayah kota Pontianak, donasi Anda juga dapat disalurkan melalui; Kantor Redaksi Ruai Televisi Jalan 28 Oktober Jalan 28 Oktober No 25-26 Siantan Hulu, Pontianak Kalimantan Barat, Indonesia Tlp. (+62 561) 881983 / 884524.
.
Seberapapun donasi yang disampaikan pasti berguna bagi saudara kita yang membutuhkan.
.
Setiap donasi yang Anda salurkan melalui Posko Pulihkan Kalimantan Barat akan dikelola dengan baik secara bertanggungjawab dan akan dilaporkan secara terbuka. “Bencana ekologis merupakan
akumulasi krisis ekologis disebabkan oleh ketidakadilan dan gagalnya sistem pengurusan alam yang telah mengakibatkan kolapsnya pranata kehidupan masyarakat”
.
POSKO PULIHKAN KALIMANTAN BARAT Adalah sebuah aliansi bersama untuk kemanusiaan dan bencana ekologis yang terdiri dari sejumlah elemen organisasi mahasiswa (Mapala dll), organisasi masyarakat sipil lainnya di Kalimantan Barat yakni; WALHI Kalimantan Barat (Yayasan Pancur Kasih, Institut Dayakologi, PPSDAK, LBBT, Gemawan, Cassia Lestari, Riak Bumi, Elpagar, Lembah, PPSHK, Komite HAM, THOMAS dan 37 Anggota individu), SAMPAN, RUAI TELEVISI, Perkumpulan Pancur Kasih (PPK), GEMPA FISIP UNTAN, LPS-AIR, Sahabat Lingkungan Kalbar (SALAK), GMPA CAGAR GASPASI STKIP, Borneo Survival Center, Pentis Pancur Kasih, Pakta Kalbar, Pontianak Institut, dll. [*Aliansi ini terbuka untuk organisasi, maupun setiap individu lainnya untuk bergabung]

(dibaca 547 X)