Pradiksar Tambah Wawasan Kebangsaan Personil Menwa 601 Untan

| Share on Facebook
Apel Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura (foto:auzi)

Apel Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura (foto:auzi)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Ibrahim Saleh memberikan sambutan pada acara pembukaan Pra Pendidikan Dasar (Pradiksar) Menwa Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Asisten Teritorial Kasdam Kolonel Inf M. Affandi, S.IP, MM di lapangan Makosat Menwa Jl. Ahmad Yani, Jumat (18/10) kemarin.

Dalam sambutannya, Pangdam menjelaskan bahwa Mahasiswa adalah bagian dari elemen bangsa dan merupakan salah satu kekuatan sipil yang dapat diperhitungkan untuk mempertahankan negeri ini. Menyikapi hal tersebut, maka Resimen Mahasiswa merupakan wadah penyalur potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam bela negara, mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, berwawasan kebangaan, pengetahuan, fisik yang prima dan mental yang kuat agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional, mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi masyarakat dalam rangka Sistim Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

Ia juga mengatakan, Mahasiswa hendaknya memahami konsepsi Wawasan Nusantara dan Sistem Pertahanan Negara secara utuh dan benar serta tumbuh menjadi pribadi yang cinta dan bangga terhadap Tanah Air Indonesia. Selain itu, Pangdam menjelaskan, Resimen Mahasiswa Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura adalah salah satu UKM yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa. Menwa hadir disaat terjadinya perlawanan bersenjata pertama Pasca Kebangkitan Nasional, dimana pemuda dan pemudi yang belajar dengan semangat dan kesadaran nasional membentuk organisasi perlawanan bersenjata terhadap penjajahan, jelasnya.

Pesan Pangdam, Resimen Mahasiswa Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura harus dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai perkembangan zaman dan tetap melakukan sesuatu yang/oleh masyarakat dipandang relevan dengan tantangan dan tuntutan masyarakat Kalimantan Barat, juga Resimen Mahasiswa dalam konteks kepemudaan agar selalu ikut berperan serta membantu terlaksananya pembinaan kesadaran Bela Negara, membantu TNI dan Polri dalam melaksanakan pembinaan ketahanan dan keamanan wilayah dalam keadaan tertentu.

Pangdam, memberikan beberapa atensi dan harapan kepada Resimen Mahasiswa 601 Untan yakni, Keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menwa berada digaris depan dalam menjaga dan mengimplementasikan 4 pilar kehidupan bernegara yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Jadilah contoh dan juga tauladan dalam merperkuat persaudaraan dan soliditas, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Senantiasa membawa angin segar yang menyejukan setiap kehadiran Resimen Mahasiswa Mahapura dimanapun berada. Ciptakan budaya belajar dan berlatih sebagai suatu kebutuhan sehingga mampu meningkatkan profesionalisme.

Kodam XII/Tanjungpura sangat mendukung Resimen Mahasiswa Mahapura Satuan 601 Universitas Tanjungpura untuk aktif dan menjadi pelopor serta berdiri di depan dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa dan melanjutkan pembangunan di daerah Kalbar. Juga dibidang kemahasiswaan khususnya pencapaian pelaksanaan program kegiatan MENWA secara berkesinambungan dan terintegrasi. (fauzi)

(dibaca 753 X)