Prajurit Kodam XII/Tpr Gelar Donor Darah Dalam Hari Juang Kartika

| Share on Facebook

donor 6

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Ke-70 tahun 2015, Kodam XII/Tanjungpura bersama Palang Merah Indonesia Kota Pontianak menggelar kegiatan Donor Darah berlangsung di Eks Supermarket Pontisari Jl. Nusa Indah I, Pontianak (17/12). Donor darah diikuti oleh Prajurit Kodam XII/Tpr Wilayah Garnizun Pontianak dan masyarakat dari berbagai komunitas diantaranya Resimen Mahasiswa, Pemuda Panca Marga, Pemuda Pancasila, Mitra Teritorial dan lain-lain.

Pelaksanaan Donor Darah merupakan refleksi dari hati nurani sebagai wujud kepedulian dan kepekaan Prajurit jajaran Kodam XII/Tpr terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya masalah keterbatasan persediaan kantong darah, kata Pangdam XII/Tpr dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam saat membuka pelaksanaan donor darah.

Kegiatan donor darah dilakukan di seluruh wilayah Kodam XII/Tpr dengan target 3.000 kantong darah, Khusus di wilayah Pontianak dengan target 1000 kantong darah untuk membatu persediaan darah oleh Palang Merah.

“Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia saat ini, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini dengan harapan bahwa darah  yang telah diberikan dapat membantu menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkannya”, terangnya.

Lanjutnya, Guna menambah jumlah donatur darah,  pemerintah telah menganjurkan agar dalam setiap memperingati peristiwa penting seperti peringatan Hari Ulang Tahun, hari-hari  besar nasional dan lain sebagainya, perlu diisi  dengan  kegiatan sosial berupa kegiatan Donor Darah untuk menambah persediaan darah di PMI.

Selain itu dijelaskannya, bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2015 ada beberapa  kegiatan yang dilaksanakan berhubungan dengan masalah kesehatan masyarakat yaitu kegiatan pengobatan massal yang dilaksanakan hari Rabu kemarin bertempat di Kantor Kecamatan Rasau Jaya, untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah tersebut agar mendapatkan pengobatan secara cuma-cuma  sehingga dapat meringankan beban dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Usai memberikan sambutan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Haryadi bersama Ketua Persit Kartika Candra Kirana PD XII/Tpr Ny. Connie Toto R. Soedjiman memberikan Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. (Red)

RIlis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 276 X)