Proyek Gagal Air Bersih Terekspos, Dewan Kejar Warga

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, SINTANG – Hingga kini,warga desa Nanga Bugau, Kabupaten Sintang, Kalbar masih mempertanyakan kelanjutan pembangunan proyek air bersih di desanya. Proyek pemerintah yang telah menghabiskan dana ratusan juta tersebut dinilai gagal. Pasalnya, proyek yang dikerjakan tanpa memasang papan plank proyek tersebut tak memberikan manfaat apapun bagi masyarakat setempat.

“Air bersih yang diharapkan masyarakat sampai sekarang tidak kunjung mengalir. Belum saja berfungsi sudah rusak,” kata Pinus,  tokoh masyarakat desa Nanga Bugau.   ” Kami sudah lama sampaikan persoalan ini ke Pemkab, direspon, dan sudah dikerjakan hingga tiga  tahapan. Tapi mengecewakan, karena sampai detik ini pengerjaannya tidak tuntas.”

Dilanjutkannya, kalau musim kemarau tiba, masyarakat  harus berjalan kaki berjam-jam untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. “Sampai ke sumber airnya pun harus ngantri lagi,” tandasnya.

Dimintai tanggapan secara terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Sintang dapil Ketungau, IP, yang diakui warga punya peran penting dalam pengerjaan proyek tersebut enggan berkomentar banyak dan terkesan menghindar.  “Proyek itu sebetulnya sudah selesai, dan air sudah mengalir ke desa, tapi rusak akibat perusahaan,” kata nya buru -buru mengakhiri pembicaraan.

Belakangan diperoleh kabar, IP berupaya mencari warga masyarakat yang membeberkan persoalan tersebut ke media. Dengan mendatangi Desa Nanga Bugau yang jarak tempuhnya dari pusat Kota Kabupaten Sintang sekitar 8 jam.

(TIM)

(dibaca 724 X)