PT. Poliplant Sejahtera Belum Serahkan Lahan Plasma ke 125 KK Trans PIR

| Share on Facebook

cargil

LENSAKAPUAS, KETAPANG – PT Poliplant Sejahtera Ketapang yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawitPeluang Pengadilan Jalanan Terbuka Lebar. Lanjut Baca ... » hingga kini belum menyerahkan lahan plasma kepada 125 kepala keluarga (KK) transmigrasi Perkebunan Inti Rakyat (PIR) SP 10 Belian Sunsang Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. “Sejak trans PIR masuk pada tahun 2000 dengan jumlah 500 KK, baru 375 KK yang sudah diserahkan,” kata Amir Nasution, Lembaga Anti Korupsi Indonesia ( LAKILaki Kalbar Desak Kejati Usut Kasus Perumahan Khusus Rakyat. Lanjut Baca ... ») kepada LensaKapuas belum lama ini.

Hal tersebut kata dia, dilakukan oleh salah satu anak PT Poliplant, yakni PT. Maya Agro Investama, yang mana perjanjiannya menerapkan pola 80:20. “Banyak masyarakat itu mengadu ke saya. Mau sampai kapan mereka harus menunggu? Anehnya lagi, ada beberapa rumah trans yang digusur lalu ditanami kelapa sawit. Inikan keterlaluan sekali, padahal sudah masuk dalam tata ruang desa kok bisa digusur apa lagi sekarang PT Poliplant Sejahtera sudah take over ke Cargil,” sebut Amir

Secara terpisah, Staff Dinas Transmigrasi Kabupaten Ketapang Jumari didampingi Kabid Transmigrasi Ali membenarkan terkait adanya program PIR Trans di daerah Belian Sunsang SP 10 Kecamatan Manis Mata, namun kata dia,  itu sudah selesai dilaksanakan mulai dari pembangunan jalan lingkungan hingga rumah bagi warga trans oleh Dinas Transmigrasi.

“Kita sudah serah terima kan kepada pemerintah daerah dan kini sudah menjadi desa baru yaitu Lembah Mukti. Warga Trans mendapatkan rumah serta sertifikat dengan luas 1/2 hektar. Itu yang menjadi tangung jawab Dinas Transmigrasi, sedangkan 2 hektar itu urusan warga Trans dengah PT Poliplant Sejahtera,” terang Jumari

Berdasarkan data yang diperoleh LensaKapuas, Transmigrasi PIR sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan RI Nomor KEP. 1452 tahun 2000 tentang Penetapan Transmigrasi Pengganti di Unit Pemukiman Transmigrasi LVII  Belian Sunsang SP 10. PPS Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang‎ Kalbar. Hingga berita ini diterbitkan,  pihak PT. Cargil maupun PT. Poliplant belum bisa dihubungi (Joko)

(dibaca 142 X)