Pusat Informasi Konseling Tunas Bangsa Menuju Puncak

| Share on Facebook

Tunas Bangsa

LENSAKAPUAS, LANGSA – Pusat Informasi Konseling (PIK) Tunas Bangsa Gampong Lengkong Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa saat ini sedang menuju puncak. Dimana telah meraih peringkat lima besar nasional setelah melalui penilaian oleh Badan Kesejahteraan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

PIK Tunas Bangsa meraih juara pertama tingkat Kota Langsa dan selanjutnya mendapat predikat juara satu tingkat Provinsi Aceh. “Alhamdulillah terus mendapat predikat baik tingkat kota dan provinsi. Bahkan informasi dari BKKBN pusat, PIK Tunas Bangsa meraih lima besar nasional,” ungkap Pembina PIK Tunas Bangsa, Zarkasyi, SE kepada wartawan di Langsa, Selasa (5/5/2015).

Dikatakan, pada tanggal 26 – 28 Mei mendatang, PIK Tunas Bangsa akan dikunjungi oleh tim BKKBN pusat untuk melihat dan memverifikasi lebih lanjut. “Insya Allah pertengahan bulan Mei nanti tim dari pusat akan blusukan ke Lengkong melihat perkembangan dan kegiatan PIK Tunas Bangsa. Dalam hal ini tentu berkat dukungan dan kerjasama semua pihak terutama para remaja yang menggelola PIK. Kemudian BKKB dan PP Kota Langsa, BNN dan Puskesmas Langsa Baro” katanya.

Dijelaskan Zarkasyi, PIK adalah program BKKBN sebagai wadah pembinaan generasi muda baik pada jalur pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi. Maupun jalur lembaga swadaya masyarakat yang meliputi; organisasi kepemudaan, pemuda desa, keagamaan dan lain-lain. “Lembaga ini didirikan tahun 2011. Namun mengalamai kevakuman. Barulah pada tahun 2014 mulai aktif kembali,” jelasnya.

Materi pokok yang disampaikan dalam kegiatan PIK adalah pendewasaan usia perkawinan, fungsi keluarga, kesehatan reproduksi remaja, soliasasi HIV/AIDS, bahaya narkoba, seks bebas serta kecakapan hidup (life skill) dan kesetaraan gender.

Adapun kegiatan PIK meliputi bentuk penyampaian informasi terkait materi pokok di atas oleh Pendidik Sebaya yang sudah dilatih khusus kepada remaja, mahasiswa dan pemuda seusianya. Selain itu, juga melayani konseling seputaran persoalan remaja yang dilakukan oleh konselor generasi berencana yang telah memiliki sertifikat konselor. (Alam/PZ)

(dibaca 793 X)